Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Ginjal & Obat Herbalnya



Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Ginjal & Obat Herbalnya
Apakah penyakit ginjal tersebut? Apakah perbedaan dari penyakit ginjal kronik dan penyakit gnjal akut? Dan apakah yang dimaksud dengan gagal ginjal yang sering kita dengar tersebut? Bagaimana cara mengetahui ciri ciri tanda gejala gangguan ginjal, pencegahan serta pengobatan gagal ginjal secara alami dengan obat herbal tersebut dapat anda ketahui semuanya selengkapnya di artikel berikut ini.

Gambaran umum penyakit ginjal:

Ginjal sebagai salah satu alat pengeluaran / ekresi, juga bekerja membuang sampah sisa metabolisme yang terjadi di dalam tubuh manusia. Secara sistematis juga membuang cairan yang berlebihan dari dalam tubuh sebanyak 750 ml – 1500 ml per hari.Dalam dunia kedokteran disebut sebagai gagal ginjal apabila ginjal tidak berfungsi dengan benar, dimana sisa metabolisme akan menjadi racun bagi tubuh kita sendiri dikarenakan tidak dikeluarkan oleh tubuh.

Selanjutnya racun ini akan menimbulkan keluhan diantaranya mual, muntah, sakit kepala hebat hingga sampai pada penurunan kesadaran. Penumpukan cairan di selurh rongga tubuh akan terjadi dikarenakan cairan yang tidak bisa keluar dari tubuh sehingga terjadi sembab dan sesak nafas. Bila tidak diatasi segera maka penderita yang mengalami gagal ginjal akan menemui kematian.

Perbedaan gagal ginjal menurut kejadiannya dapat dibedakan menjadi dua, yaitu gagal ginjal kronik yang timbul secara perlahan menahun dan gagal ginjal akut yang timbul secara tiba tiba dalam hitungan hari dan minggu.

Gagal ginjal akut, jika dilakukan dalam pengobatan yang tepat maka akan dapat disembuhkan. Sedangkan gagal ginjal kronik tidak dapat disembuhkan dan harus menjalani suatu pengobatan seumur hidup.

Peristiwa yang terjadi secara akut dapat menjadi suatu penyebab dari gagal ginjal akut, seperti penyumbatan total saluran ginjal oleh batu, kekurangan cairan pada diare yang tidak diatasi dengan segera, dan kekurangan darah pada orang yang luka dan operasi,mengalami infeksi berat serta keracunan obat dari zat kimia tertentu. Gagal ginjal akut ini bila tidak ditangani dengan baik maka dapat berubah menjadi gagal ginjal kronik yang permanen.

Ciri ciri gejala awal penyakit ginjal :

Ciri ciri tanda gejala gagal ginjal akut antara lain adalah seperti merasakan nyeri yang amat sakit pada pinggang (kolik), mengalami bengkak mata dan kaki, saat kencing merasakan sakit, demam, mengalami kencing yang sedikit, kencing yang berwarna merah dikarenakan ada darah, ataupun bisa juga mengalami sering kencing. Ada kelainan urine antara lain ada protein di dalam urine, ada eritrosit, sel darah putih (lekosit), dan bakteri dalam urine.

Ciri ciri tanda gejala gagal ginjal kronik diantaranya adalah mual disertai muntah, mengalami bengkak bengkak, muncul rasa lemas dan tidak bertenaga, nafsu makan berkurang drastic, kencing yang berkurang, mengalami rasa gatal, sesak nafas, wajah terlihat pucat (anemia). Mengalami kelainan urine yaitu selalu ada protein dalam urine, eritrosit, dan lekosit. Kelainan dalam hasil pemeriksaan lab yang lan diantaranya creatinine darah naik, Hb turun

Penyebab penyakit ginjal yang umum terjadi :

Penyakit ginjal yang paling banyak terjadi adalah gagal ginjal baik yang akut mauput kronis seperti hal yang telah dijelaskan di atas. Banyak faktor yang menyebabkan terjadnya gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis. Penyakit ginjal akut disebabkan oleh jenis penyakit yang sifatnya muncul tiba tiba dan mendadak. Sedangkan beberapa kondisi medis yang sifatnya kronis dan bertahap lama sering menjadi penyebab penyakit ginjal kronis.

Beberapa penyakit seperti penyakit infeksi diantaranya demam berdarah dengue, malaria dan leptospirosis dapat menyebabkan penyakit ginjal. Selain dikarenakan infeksi, penyakit ginjal akut juga dapat disebabkan karena mengkonsumsi beberapa jenis obat, luka bakar hebat, sumbatan saluran kencing oleh batu hingga bisa disebabkan juga karena mengkonsumsi petai dan jengkol yang berlebihan dalam satu waktu. Hal penyebab penyakit ginjal yang tidak kalah penting adalah keadaan dehidrasi atau kurang cairan, dimana hal ini lazim terjeadi pada penderita diare yang mengalami muntah berlebihan dan pendarahan yang banyak serta dalam jangka waktu yang lama kurang minum.

Penyakit medis dan kronis yang berjalan lama, biasanya adalah faktor penyebab utama terjadinya penyakit ginjal kronis. Beberapa hal yangmenyebabkan gagal ginjal kronis dalam kondisi medis diantaranya adalah kencing manis, hipertensi atau darah tinggi dan radang pada ginjal pada waktu lama serta penyakit ginjal bawaan atau yang diturunkan.Diabetes mellitus atau kencing manis adalah penyebab penyakit ginjal kronis nomor satu di dunia, sehingga harus sangat mewaspadai akan hal ini, terutama penderita penyakit kencing manis ini dimana harus selalu menjaga gula darahnya di rentang yang normal. Salah satu faktor penyebab di nomor dua berikutnya adalah hipertensi yang sering menjadi cikal bakal pemicu penyakit ginjal ini. Maka dalam rentang normal sangatlah penting melakukan pengobatan dan pengontrolan tekanan darah.

Baca juga : Ketahui penyebab,ciri ciri gejala penyakit gagal ginjal  & obat herbalnya. 

Ciri ciri gejala penyakit ginjal pada wanita :

Ciridan gejala penyakit ginjal pada wanita secara umum, masyarakat pada umumnya belum mengetahui secara pasti apa itu penyakit ginjal dan penyakit ginjal yang parah pada umumnya. Selain itu dalam menjaga kesehatan ginjalnya, kesadaran masyarakat dirasa masih sangat kurang sekali. Hal inilah yang membuat kasus penyakit ginjal di masyarakat banyak sekali. Namun faktor keturunan juga merupakan salah satu penyebab munculnya penyakit ginjal ini, untuk itulah sangat perlu sekali pengetahuan agar dapat menghindari penyakit ginjal ini sedini mungkin. Sebab hipertensi dan diabetes juga turut masuk ke dalam salah satu faktor penyebab utama penyakit ginjal ini. Meskipun setiap hari manusia hanya membutuhkan satu ginjal saja, tetapi dalam tubuh manusia, setiap orang memiliki dua buah ginjal. Nah inilah pentingnya menjaga kesehatan kedua ginjal ini yang menjadi prioritas utama tentunya.

Lalu bagaimana dengan gejala penyakit ginjal pada wanita? Pada dasarnya ciri ciri gejala penyakit ginjal pada wanita tidak berbeda jauh pada pria, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut

  • Rasa Gatal yang Berlebihan
    Jika secara tidak normal ginjal sudah tidak berfungsi lagi, hal ini bisa mengakibatkan adanya tumpukan kotoran dari sisa metabolisme tubuh. Diman hal ini akan menyebabkan secara tidak wajar gatal yangberlebihan, dan bahkan rasa gatal ini akan berlangsung terus menerus dan bisa menimbulkan pendarahan karena digaruk terus menerus. Ciri ciri gejala penyakit ginjal pada wanita ini biasanya dirasakan pada bagian tubuh yaitu tangan, pergelangan kaki atau pergelangan tangan dan bisa juga dirasakan di bagian tubuh yang lain. Jadi jika anda seorang wanita merasakan gatal yang terlalu berlebih berulang kali,maka ada baiknya segera perikasakan diri anda ke dokter.
  • Menderita Sesak Napas
    Gejala yang dialami selanjutnya adalah merasakan sulit bernafas atau sesak nafas. Ginjal yang tidak berfungsi secara normal, maka akan berdampak membuat suatu penumpukan cairan di salam tubuh. Bahkan cairan tersebut akan memungkinkan menumpuk di paru paru, sehingga paru paru seolah olah tertutup dan berakibat penderita akan merasakan sulit bernafas atau sesak nafas. Jika pasokan oksigen yang membawa sel darah merah kurang, maka akan membuat tubuh penderita akan kekurangan oksigen atau nafas yang cepat habis.
  • Menggigil Kedinginan
    Munculnya rasa dingin yang dirsakan tubuh sepanjang waktu juga bisa menjadi ciri gejala batu ginjal yang dialami oleh wanita. Hal ini disebabkan karena ganggguan pada ginjal akan menyebabkan kekurangan sel darah merah atau anemia. Dan anemia inilah yang membuat anda menjadi merasakan kedinginan. Pada beberpa khasus penyakit ginjal ini, biasanya penderita pada tengah malam akan merasakan sangat dingin bahakan sampai menggigil. Oleh sebab itu, jika anda pada suhu yang tidak terlalu dingin justru merasakan kedinginan, maka segeralah periksakan diri anda ke dokter.
  • Pusing dan Sulit Konsentrasi
    Pada ciri yang sebelumnya anemia juga bisa menyebabkan munculnya rasa dingin pada saat tengah malam hari. Ternyata selain hal tersebut, anemia juga bisa membuat otak penderita penyakit ginjal tidak tercukupi asupan oksigennya. Hal tersebut pada akhirnya akan membuat penderita penyakit ginjal menjadi sering merasa pusing, dan saat menjalankan aktifitas sulit untuk konsentrasi. Bahkan rasa pusing yang semakin parah, bisa mmebuat terjatuh pada saat berjalan dikarenakan kehilangan keseimbangan.
  • Merasa Sakit di Sekitar Pinggang
    Untuk gejala penyakit ginjal pada wanita yang satu ini paling sering ditemui, yaitu adanya gangguan rasa sakit pada bagian pinggang. Kondisi ini menjadi salah satu ciri ciri tanda gejala batu ginjal pada wanita yang biasanya mengakibatkan di dalam ureter batu ginjal terjebak , sehingga menyebabkan rasa nyeri tersebut. Meskipun rasa nyeri tersebut pada awalnya hanya sesekali saja, namun semakin lama maka akan semakin parah penyakit ginjal yang penderit rasakan, dimana rasa sakit akan lebih sering muncul dan berlangsung dalam waktu yang lebih lama.
  • Gangguan Hormon
    Ginjal tidak bisa berkerja optimal dalam memproduksi hormone atau ekstra hormone apabila ada gangguan yang menyerang ginjal tersebut. Akibatnya, semakin meningkatnya hormon tekanan darah terseut, sedangkan hormone hormone lain justru produksinya berkurang. Inilah yang akan menyebabkan penderita penyakit ginjal baik wanita maupun pria akan merasa mudah lelah, atau kekurangan sel darah merah dan mengalami osteoporosis.

Ciri ciri gejala penyakit ginjal pada pria :

Perlu anda perhatikan apabila anda mengalami rasa sakit seprti gejala sakit pinggang, atau susah kalau kencing, atapun saat kencing maka air kencing akan bercampur darah/nanah, sering kencing apabila di malam hari, muncul bengkak di kelopak mata, tangan atau kaki dan juga tekanan darah tinggi maka anda sebaiknya perlu waspada.

Sakit pinggang tersebut bisa berasal dari saluran kemih bagian atas atau dari ginjal. Intensitas dan macamnya juga tergantung dari pemicu yang menjadi penyebabnya, contohnya saja kalau terdapt batu ginjal maka rasa yang dirasakan adalah “tidak enak” atau “rasa kememng” pada pinggang.

Perlu anda perhatikan jika ada kelainan di ginjal, maka kemungkinan keluhan yang dirasakan muncul adalah rasa sakit hanya di satu sisi. Dan apabila muncul rasa sakit di kedua pinggang, dan rasa sakit akan semakin terasa apabila sedang membungkukkan badam, maka penyebabkanya bukanlah dari ginjal akan tetapi dari otot atau tulang belakang yang mengalami masalah. Sedangkan sakit yang menyebabkan penderitaan adalah penyakit ginjal yang sifatnya secara berkala diselingi fase tanpa sakit. Dan apabila serangan datang penderita akan merasakan kesakitan yang sangat disertai rasa mual dan muntah, paling sering terjadi adalah adanya batu kecil pada saluran kemih / ureter

Rasa tidak enak di area perut tengah bawah sering terjadi yang diakibatkan karena kelainan pada kandung kemih. Selain itu penderita juga akan sulit untuk kencing atau apabila bisa kencing selalu menetes dan selalu segera ingin kencing kembali. Tarutama pada malam hari kenginan sering kencing ini biasanya terjadi, dan ini sudah menandakan bahwa penderita sudah mengalami gejala awal penyakit ginjal.

Penderita penyakit ginjal pada umumnya wanita kencing rata-rata 3x atau 4x dan pria sekitar 5x atau 6x tiap harinya. Tiap malam hari bangun tidur untuk kencing 2-3x adalah tidak normal, terkecuali jika minumnya berlebihan atau setiap habis kencing minum lagi , dimana merupakan ada kebiasaan pada beberapa orang ).

Bila volume kandung kemih berkurang misalnya karena infeksi seperti tumor atau tertekan pada wanita hamil, maka intensitas sering kencing akan sering terjadi.Dapat timbul keadaan “stress” pada orang sehat karena ketakutan atau rasa jemu. Jumlah air kemih selama 24 jam adalah hal yang perlu diperhatikan, apabila melebihi 3 liter per 24 jam, maka merupakan tanda terjadi sesuatu yang tidak normal.

Ciri ciri gejala penyakit ginjal pada anak :

Lebih dari 90% sindrom nefrotik atau ginjal pada anak merupakan penyakit ginjal primer yang tidak diketahui penyebabnya. Pada orang dewasa sindrom nefrotik sekunder akibat penyakit sistemik ini lebih jarang ditemui, penyebab terjarang adalah sindrom Henoch-Schonlein

Gagal ginjal kronik adalah insiden penyakit ginjal yang banyak dialami oleh anak anak. Pada anak penyakit gagal ginjal kronik lebih jarang bila dibandingkan pada dewasa, tetapi justru memiliki akibat yang lebih buruk terhadap perkembangan dan pertumbuhan anak. Hingga fase penularan fungsi ginjal sampai 660-80% biasanya gejala klinis belum terlihat. Gejala klinis tersebut mungkin tidak jelas, seperti adanya gagal tumbuh, aneroksia dan nokturia atau bisa juga berupa gejala akut pada krisis kronikyang disebabkan karena infeksi. Hal yang dapat memperburuk fungsi ginjal diantaranya adalah infeksi saluran kemih atau pengeluaran garam. Sementara infeksi ekstra renal yang disertai katabolisme dan muntah muntah dapat mendadak menurunkan laju filtrasi glomerelus.

Harus diawasi oleh tim efrologi seorang anak yang menderita gagal ginjal kronik, sebab mampu memberikan perawatan yang optimal diantaranya dengan pemberian diet khusus, persiapan psikologis dan kemungkinan tindakan bedah jika akan dilakukan dialissi atau transplantasi.Salah satu masalah yang multifaktoral adalah gangguan pertumbuhan pada gagal ginjal kronik. Tetapi pemberian suplemen pada anak yang besar disertai pemberian diet yang agresi atau dengan pemberian makanan melalui nasogastrik atau gastrostomi pada anak usia 2 tahun pertama, dapat membantu mencegah terjadinya gagal ginjal kronik yang sering tampak pada anak yang perawakan pendek.

Perlu diingat, pada anak angka gagak ginjal kronik cukup tinggi akibat kelainan bawaan. Radang ginjal yang menahun, penyekit multisystem seperti (hemolytic urmic syndrome,lupus eritematlsus) dan penyakit berbahaya lainnya seperti (penyakit tumor ginjal dan penyakit neuromuskeler). Pada anak tanda penyakit ginjal beragam, seorang anak bisa saja tumbuh sangat perlahan, sering muntah, atau pada punggung atau pinggang mengalami nyeri. Beberapa penyakit ginjal dapat tidak telihat selama beberapa bulan bahkan dalam beberapa tahun.

Bagaimana cara mengetahui anak terkena penyakit ginjal atau tidak?, maka perlu diwaspadai pada anak beberapa ciri ciri gejala penyakit ginjal ini. Tanda pertama jika terjadi masalah ginjal bisa terlihat sembab pada kelopak mata, jumlah sel darah merah rendah dalam hal ini anemia, tekanan darah tinggi, ada darah atau protein dalam air seninya. Tes lanjutan mungkin dibutuhkan bila dokter menemukan satu saja masalah ini, termasuk juga dengan tes air seni tambahan,tes darah, atau rotgen.Di beberapa khasus, dokter mungkin harus melakukan biopsy yaitu mengambil sepotong kecil dari ginjal untuk diperiksa dengan mikroskop.Dimana salah satu penyakit yang awalnya hanya menunjukkan sembab di mata anak ketika bangun tidur di pagi hari adalah penyakit sindroma nefrotik. Yaitu salah satu penyakit ginjal yang sering dijumpai pada anak, dimana merupaka suatu kumpulan hejala klinis yang terdiri dari hipoalbuminemia,proteinuria massif,hiperkolesterolemia dan sembab.

Baca juga : Ketahui penyebab,ciri ciri gejala penyakit batu ginjal  & obat herbalnya. 

Ciri ciri gejala penyakit ginjal akut :

Beberapa hal yang dapat menunjukkan si penderita mengalami gangguan ginjal, dalam hal ini adalah penyakit ginjal akut adalah sebagai berikut ini.
  • Sedikit mengeluarkan air kemih
    Ciri ciri gejala penyakit ginjal akut yang utama adalah sedikit mengeluarkan air kemih. Dokter dapat mendiagnosis penyakit ginjal akut dengan melihat jumlah air urin yang keluar saat berkemih. Penyakit ginjal akut dapat membuat air urin menjadi lebih gelap, keruh bahkan kemerahan seperti warna darah, selain itu juga hanya mengeluarkan urin yang sedikit. Apabila ciri ciri gejala penyakit ginjal ini terjadi dan dibarengi dengan dehidrasi, maka sebaiknya segera kunjungi dokter atau rumah sakit terdekat.
  • Perasaan mengantuk atau tidak sadar
    Ciri ciri ginjal yang bermasalah adalah adanya perasaan mengantuk atau tidak sadar, dan ini merupakan permasalahan yang umum terjadi. Biasanya bila dipanggil atau diajak bicara penderita akan menjadi tidak responsive, penderita menjadi lebih sering melamun. Beberapa hal yang dapat menyebabkan kehilangan kesadaran ini terutama adalah penumpukan racun yang berlebih dan tidak dapat dikeluarkan ke urine, sehingga muncul infeksi yang bisa menyebabkan penyakit ginjal.
  • Bengkak pada kaki dan tungkai
    Pada penderita penyakit ginjal akut, kaki dan tungkainya akan membesar karena adanya penumpukan cairan berlebih yang menumpuk di kakinya. Selain itu, pada penyakit ginjal, kaki akan menjadi bengkak yang disebabkan karena kadar protein dalam darah berkurang.
  • Sesak nafas
    Ternyata penyakit sesak nafas pun bisa disebabkan oleh penyakit ginjal, meski biasanya gejala sesak nafas lebih dikaitkan dengan penyakit paru ataupun jantung. Sesak nafas pada orang yang biasanya tidak mempunyai riwayat sesak sebelumnya umumnya terjadi mendadak.
  • Diare, mual dan muntah
    Sebenarnya bukanlah ciri ciri penyakit ginjal akut seperti diare, mual dan mutah. Namun bila anda menemui gejala seperti diare serta muntah hebat disertai berkurangnya air urin, maka anda perlu curiga akan kemungkinan terjadinya penyakit ginjal akut.Penyebab penyakit ginjal akut seringkali disebabkan karena diare dan muntah hebat, dikarenakan banyaknya cairan yang dikeluarkan ketika BAB atau muntah.
Hal yang perlu diingat adalah bahwa penyakit ginjal akut tidak bergejala dan tidak menimbulkan keluhan berarti. Anda harus menjaga asupan cairan selalu tercukupi itu hal yang pasti, terutama bagi mereka yang sedang muntah hebat, sakit diare, menderita penyakit infeksi atau kondisi kelainna ginjal lainnya.

Ciri ciri gejala penyakit ginjal kronis:

Penyakit ginjal kronis pada awalnya tidak memberikan gejala, Hal yang disadari pasien adalah bahwa dia menderita beberapa kondisi medis yang dapat menjadi resiko terjadinya gagal ginjal kronis.Fase akan dilanjutkan dengan pola kemih yang samar samar dirasakan berubah. Perubahan yang terjadi misalnya berkemih lebih sering atau kebalikannya kencing lebih sedikit, merasakan ada tekanan saat berkemih serta perubahan warna urin dan urin yang berbuih.

Ginjal merupakan organ tubuh yang sangat vital, oleh karena itu kesehatannya perlu dijaga, lalu bagaimana cara mengetahui ciri ciri gejala penyakit ginjal terseut, berikut ini beberapa penjelasannya yang dapat anda pahami
  1. Warna kulit semakin gelap
    Salah satu ciri ciri gejala penyakit ginjal yang dapat kita lihat adalah warna kulit yang semakin gelap. Kulit terkesan kusam dan berwarna gelap, tidak becahaya dan redup. Tertumpuknya produk buangan ginjal yang tidak dapat ginjal buang ke dalam saluran urinlah yang menyebabkan hal ini. Sebaliknya, ciri ciri penyakit ginjal kronis pun dapat terlihat dengan warna kulit yang memucat.Pada keadaan gagal ginjal kronis hal ini terjadi karena anemia yang lazim. Anemia atau kekurangan sel darah merah ini akan memberikan nuansa warna yang lebih pucat pada penderitanya.
  2. Sulit berkonsentrasi, mudah mengantuk dan sering merasa mengantuk
    Ciri gejala penyakit ginjal kronis yang cukup umum adalah sulit berkonsentrasi dan sering mudah merasa mengantuk..Toksin turut beredar di peredaran darah hingga ke otak, dimana seharusnya dibuang oleh ginjal ke dalam urin. Zat toksn inilah yang akan member sensai mengantuk dan sulit sekali berkonsentrasi.
  3. Nyeri tulang
    Nyeri tulang adalah salah satu ciri ciri gejala penyakit ginjal kronis yang lebih lanjut. Selain terasa nyeri, jika terjadi benturan sedikit saja pada tulang maka dapat akan menyebabkan patah tulang, karena tulang penderita penyakit ginjal kronis ini bersifat rapuh dan lebih mudah patah. Keadaan ini mirip sekali dengan tulang yang keropos atau osteoporosis. Pada penyakit gagal ginjal kronis sesak nafas pun dapat terjadi. Sama seperti ciri ciri gejala penyakit ginjal akut, sesak nafas yang terjadi mendadak, tanpa riwayat sesak karena paru atau jantung sebelumnya maka harus dicurigai kea rah penyakit ginjal.

Obat tradisional penyakit ginjal :

Pada intinya tujuan pengobatan adalah untuk meminimalkan komplikasi dan mengendalikan gejala serta memperlambat perkembangan penyakit. Dokter akan memberikan obat obatan atau teraphy untuk mengobati penyakit tersebut bila diketahui penyebabnya adalah dampak penyakit lain. Misalnya pemberian obat untuk pengobatan hipertensi, anemia atau mungkin bisa juga kolesterol yang tinggi. Pengobatan gagal ginjal dimulai dengan pembatasan cairan. Selain itumakanan yang mengandung protein perlu dikurangi, garam dan fosfat. Harus dilakukan cuci darah (dialysis) bila tidak dapat diatasi secara konservatif. Pada gagal ginjal kronik umumnya dilakukan cuci darah seumur hidup atau menjalani transplatasi ginjal.

Obat alami gangguan ginjal :

Pengobatan alami herbal untuk mengobati penyakit ginjal ini bisa menggunakan beberapa bahan berikut ini.
Resep 1
Bahan :
– 15 gr daun Sukun kering, + 1 gelas air mendidih, madu atau gula batu secukupnya.
Cara membuat :
  • Seduh bahan tersebut diatas, gunakan periuk tanah atau panci kaca.
  • Saring, setelah dingin dan bila perlu campurkan Madu atau Gula Batu.
  • Minum ramuan ini dua kali dalam sehari, selama sepuluh hari.
  • Dan selama mengkonsumsi ramuan ini, dilarang keras mengkonsumsi sayur bayam, daun singkong, daging merah, jeroan dan kangkung.

Resep 2:
Bahan :
– 1 rimpang Temulawak + 1 genggam daun Kumis Kucing segar + 1 genggam daun Meniran segar + 4 gelas air
– Gula Aren secukupnya
Cara membuat :
  • Setelah semua bahan-bahan tersebut dicuci, rebus dalam periuk tanah atau panci kaca hingga air tersisa separuhnya.
  • Setelah dingin saring dan minum 3 kali dalam sehari.
  • Untuk penambah rasa tambahkan gula Aren atau madu sesuai selera anda.

Resep 3 :
Bahannya :
– 60 gr Kumis Kucing segar (daun dan batangnya)
– 30 gr daun Sendok segar
– 30 gr Rumput Mutiara segar
– 800 cc air
Cara membuatnya :
  • Cuci bersih semua bahan dan rebus hingga air tersisa 450 cc.
  • Saring dan minum ramuan tersebut 3 kali sehari, masing-masing 150 cc.

Resep 4 :
Bahannya :
– 30 gr Meniran segar (daun, batang dan akarnya) + 60 gr akar alang-alang segar + 30 gr Pegagan segar
– 800 cc air
Cara membuat :
  • Cuci bersih semua bahan, dan rebus hingga air tersisa 450 cc.
  • Saring dan minum 3 kali sehari, masing-masing 150 cc.

Resep 5:
Bahannya :
– 20 gr Sambiloto segar (batang dan daunnya) + 60 gr Krokot segar (berikut dengan akarnya) + 60 gr rambut Jagung segar
– 800 cc air
Cara membuatnya :
  • Cuci bersih semua bahan dan rebus hingga air tersisa 450 cc.
  • Saring dan minum 3 kali sehari masing-masing 150 cc.

Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Ginjal & Obat Herbalnya | Unknown | 5