Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Asma & Obat Herbalnya



Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Asma & Obat Herbalnya

Penyakit asma adalah :

Penyakit asma adalah suatu penyakit kronik / menahun yang menyerang saluran pernafasan ( bronchiale) pada paru paru, dimana peradangan terdapat pada dinding rongga bronchiale sehingga mengakibatkan saluran nafas menyempit dimana pada akhirnya seseorang akan mengalami sesak nafas.

Di negara maju penyakit asma paling banyak ditemukan, terutama pada tingkat polusi udara yang tinggi, baik dari asap debu padang pasir maupun asap kendaraan.

Penyebab penyakit asma:

Belum diketahui secara pasti sampai saat ini penyebab dari penyakit asma, walaupun banyak ahli sudah melakukan penelitian. Teori atau hipotesis mengenai apakah penyebab sesorang dapat mengidap penyakit asma belum disepakati oleh para ahli di dunia kesehatan.

Hal yang dapat disimpulkan adalah bahwa saluran pernafasan pada penderita asma memiliki sifat yang khas yaitu sangat peka terhadap berbagai rangsangan. Seperti polusi udara contohnya debu,asap dan zat kimia, serbuk sari,makanan,udara dingin,hewan berbulu,tekanan jiwa,bau aroma yang menyengat misalnya parfum dan olahraga.

Terjadinya serangan asma selain itu adalah sebagai akibat dampak penderita mengalami infeksi saluranpernafasan atas (ISPA) baik sinusitis atau flu. Beberapa wanita di masa siklus mentruasi juga bisa mengalami serangan penyakit asama, namun hal ini sangat jarang sekali terjadi.

Angka peningkatan penderita asma dikaitkan dengan adanya suatu faktor resiko yang mendukung seseorang menderita penyakit asma tersebut, misalnya faktor keturunan yang memegang peranan sangat penting. Jika seorang ibu ayah atau ibu menderita penyakit asma, maka kemungkinan besar dalam anggota keluarga tersebut juga akan muncul penderita asma.

Penyakit pada saluran pernafasan yang sering kambuh adalah penyakit asma. Karena terjadi peradangan bagian bronkus pada penyakit asma ini, sehingga jika kondisi bronkus belum membaik maka akan sering sekali penyakit asma kambuh. Selain itu pada orang yang memiliki kelainan pada saluran pernafasan dari lahir juga bisa terkena penyakit asma. Biasanya dikarenakan adanya faktor keturunan atau mengalami kelahiran yang belum waktunya, sehingga pada saluran pernafasan memiliki ukuran yang kecil ataupun saluran pernafasan belum terbentuk sempurna. Penyakit asma bisa dialami dari anak anak hingga dewasa pun bisa juga masih tetap memiliki penyakit asama jika tidak diobati dengan baik.

Penyakit asma menular atau tidak?

Penyakit asama pada umumnya cara penularannya disebabkan oleh faktor debu. Dimana kota kota besar dapat memicu penduduknya untuk terkena penyakit asma 50% lebih besar bila dibandingkan dengan penduduk yang tinggal di kampong atau pedesaan. Karena debu dari pembuangan gas emisi karbon dapat membuat menjadi sesak dan sulit bernafas bagi orang yang menghirupnya. Selain itu asap rokok juga dapat memicu timbulnya penyakit asma.

Jadi sebetulnya asma bukan penyakit yang menular dan berpindah dari satu orang ke orang yang lain, melainkan secara genetik ditularkan dan erat kaitannya dengan faktor alergi.

Saat ini fenomena penyakit asma jauh meningkat, diperkirakan di duania ada 300 juta khasus penyakit asma yang terjadi. Penyebabnya bukan karena penyakit ini menular, tetapi meningkatnya faktor alergi. Sesuatu yang memicu alergi di lingkungan kita seperti polusi udara yang dapat memicu timbulnya serangan asma.

Ciri ciri penyakit asma pada orang dewasa:

Macam-macam ciri gejala asma pada orang dewasa diantara nya adalah sebagai berikut:
  • Pada orang dewasa gejala asma yang pertama adalah terjadi kesulitan bernafas yang disebabkan sesak nafas atau terjadinya nafas yang sering terengah engah. Dan ciri gejala ini merupakan gejala asma yang paling umum.
  • Ciri gejala asma pada orang dewasa yang berikutnya adalah batuk yang sangat sering. Batuk adalah merupakan suatu pertanda bahwa ada sesuatu yang salah pada saluran pernafasan atau pada paru paru anda.
  • Seringnya mengalami perasaaan yang lesu dan lelah. Kedua hal tersebut menunjukkan bahwa di dalam paru paru tidak terdapat cukup oksigen yang didistribusikan.
  • Pada dada terasa sering sesak, dimana hal tersebut dapat menunjukkan bahwa paru paru akan berada dalam tekanan. Dan sebagai akibatnya di daerah tersebut akan timbul rasa sakit konstan.
  • Akan merasakan susah sekali tidur, dan kondisi ini akan membuat tubuh dalam kondisi letih lesu keesokan paginya.
  • Adanya ketidakmampuan untuk melakukan aktifitas fisik dalam keadaan yang lama tanpa mengalami suatu masalah pada pernafasan.
  • Bila menggunakan alat peak flow meter maka pembacaan rendah. Sedangkan peak flow meter adalah suatu alat yang digunakan untuk mengukur fungsi paru paru, dan untuk menentukan apakah paru paru anda dapat bekerja pada tingkat normal untuk memanfaatkan oksigen. 

Faktor penyebab terjadinya penyakit asma pada orang dewasa :

1).Adanya faktor karena infeksi virus
Penyakit asma paling sering disebabkan oleh dua jenis virus, yaitu rhinovirus (RSV) dan virus influenza A, dan keduanya merupakan semacam virus penyebab penyakit flu. Dengan cara menginfeksi adanya saluran pernafasan lah virus virus tersebut dapat bekerja, sehingga dapat menyebabkan peradangan. Sedangkn infeksi dan peradangan ini dapat mengganggu adanya aliran udara yang akan masuk ke dalam paru paru. Dimana hal tersebut pada akhirnya akan membuat kesulitan bernafas para penderita asma.Dan suatu penelitian menyatakan bahwa seitr 40 % pada orang dewasa serangan penyakit asma dapat disebabkan oleh virus.

2).Adanya faktor stres atau banyak fikiran
Salah satu faktor penyebab asma adalah stress atau banyak fikiran, dan stres sendiri bisa terjadi disebabkan karena pengaruh atau tuntutan dari suatu lingkungan melebihi kemampuan dari suatu adaptasi individu atau kemampuan untuk melawan. Bisa juga adanya suatu masalah di dalam kehidupan seseorang juga dapat menimbulkan stress. Dan para pakar atau ahli percaya bahwa terdapat hubungan antar stres,perubahan,sistem syarat pusat,perubahan dalam fungsi imun dan endokrin yang dapat memicu adanya gejala gejala asma pada orang dewasa.

3).Faktor adanya asap rokok
Faktor utama yang bisa dikategorikan menjadi penyebab penyakit asma adalah asap rokok. Baik itu pada perokok itu sendiri ataupun orang yang mengsihap asap rokok di sekitar para perokok. Terkandung 4500 jenis kontaminan yang sangat berbahaya di dalam asap rokok, diantaranya seperti hidrokarbon polisikik,karbondioksida,karbon monoksida,nitrit oksida,nikotin dan akrolein. Maka hendaknya kurangi konsmsi rokok dan hindari asap rook bagi penderita asma pada orang dewasa.

4).Faktor adanya suatu alergi
Hal yang dapat memicu adanya penyakit asma bisa juga dikarenakan alergi, yaitu dikarenakan menginfeksi saluran pernafasan. Contohnya seperti debu,bulu hewan,serbuk sari tumbuhan, dan sapura. Selain itu beberapa jenis makanan juga ada yang menyebabkan adanya alergi, karena dapat menimbulkan penyakit asma. Seperti pada kacang tanah,telur,susu,kedelai,gandum,polongpolongan dan ayam kalkun. Karena keberadaan senyawa seperti histamindan sulfur pada makanan makanan tersebut dapat memperburuk kesehatan pada penderita asma.

Ciri ciri gejala asma pada anak :

Asma merupakan suatu kondisi yang sangat kompleks, dimana serangan asma bisa terjadi sewaktu waktu dan pada tingkat umur yang tidak bisa diperkirakan. Bagi penderita asma yang menyerang seorang anak, maka anak akan mengalami gangguan aliran udara masuk dan keluar dari paru paru. Dimana saluran yang dilalui udara pernafasan terserang peradangan. Saluran nafas sangat peka dan terangsang bila anak terserang virus flu atau virus lainnya serta saluran nafas kontak dengan zat zat yang merangsang dengan munculnya serangan asma.

Asma pada anak :

Pada anak usia sekolah, asma merupakan penyakit kronis yang paling sering ditemukan. Hingga sering membuat anak tidak masuk sekolah dan merupakan indikasi agar anak masuk ke dalam perawatan medis rumah sakit.

Pada anak penyakit asma tidak hanya mempengaruhi kehidupan kesehariannya saja, tetapi juga berpengaruh ke setiap anggota keluarganya. Pada usia anak anak, penyakit asma dalam jumlah dua kali lebih banyak menimpa anak laki laki dibandingkan dengan anak perempuan. Pada tahap tertentu dalam pertumbuhannya, sekitar satu dari empat anak akan mengidap penyakit asma. Sekitar 50% anak anak penderita asma yang ringan, akan sembuh dan membaik kondisinya seiring dalam pertumbuhan mereka menjadi dewasa. Dan sisanya harus hidup dengan penyakit ini yang akan mempengaruhi pendidikan mereka.

Jika penyakit asma pada anak terdeteksi lebih dini,akan semakin baik untuk pengobatan dan penyembuhannya, sehingga serangan asma bisa dikendalikan dan dihindari.

Penyakit asma pada anak merupakan salah satu gejala klinis dari alergi.Atau jika kedua orang tua atau salah satu dan keluarga lain mengalami alergi,maka resiko anak mengalami alergi juga semakin besar.Jika salah satu dari orang tua mempunyai asma,maka resiko 25% si anak juga akan mempunyai penyakit asma. Dan jika kedua orang tuanya mempunyai asma, maka resiko asma diturunkan kepada anaknya meningkat menjadi 50%. Di dalam riwayat kesehatan keluarga, biasanya akan ditemukan penyakit asma pada anak dan juga bentuk lain seperti alergi, yaitu semacam eksim,pilek alergi atau alergi pada makanan dan obat tertentu.

Jika ibu semasa kehamilan merokok, maka si anak nantinya juga bisa mengalami gejala asma. Anak yang tinggal di kota juga bisa mempunyai potensi untuk mengalami asma. Walaupun pada anak kulit hitam penyakit asma mempunyai pengaruh dengan persentase yang tinggi dibandingkan dengan anak yang berkulit putih, namun faktor keturunanlah yang mempunyai peran besar dalam bakat menurunkan penyakit asma ini. Sedangkan anak yang terkena dan mengalami alergi biasanya mempunyai konsentrasis yang tinggi pada kecoa,debu dan pada usia dini penyakit asma bisa saja menyerang mereka.

Sesak nafas tidak selalu menunjukkan gejala penyakit asma. Jika secara bertahap muncul gejala batuk dan mengi, dan cenderung terjadi lebih hebat dan sering di malam hari atau terjadi di musim dingin atau setelah melakukan aktifitas fisik yang berlebihan, maka bisa saja anak dicurigai menderita asma. Dan seringkali juga alergi pada kesehatan keluarga juga menjadi dasar dari riwayat asma.

Gejala penyebab penyakit asma pada anak sebagian besar biasanya akan muncul sebelum usia mereka menginjak 6 tahun, dan kebanyakan gejala awal yang terjadi adalah di saat mereka berusia masih bayi dengan gejala mengi yang berulang atau juga tanpa adanya batuk yang masih berhubungan dengan terjadinya infeksi akibat virus. Semasa mereka masih bayi, hubungan antara mengi dangan adanya kejadian asma pada masa kehidupan mereka seterusnya sudah banyak dibahas. Infeksi virus yang terjadi semasa bayi akan menimbulkan suatu masalah bronkiolitis, yang disebabkan oleh virus sinsitial respiratori, virus parainfluinza, dan juga adenovirus yang ditunjukkan dengan gejala mengi yang paling utama

Sangat ditentukan dari faktor keturunan atopi dimana kencenderungan dari bayi yang mengalami mengi untuk mengalami resiko asma. Dan sebagian besar dari bayi tersebut jelas mempunyai suatu riwayat pada keluarga, atopi yang bisa menunjukkan positivitas dari IgE anti-RSV serum, bila dibandingkan bayi dengan mengi yang tidak menjadi asma.

Pada anak anak asma sangatlah mengganggu, sebab menyebabkan hari hari menjadi menjemukan karena tidak dapat bermain, beraktifitas dan berolah raga seperti anak anak lain pada umumnya. Asma yang tidak terkelola secara baik, pada beberapa anak dapat menjadi serius atau bahkan juga mengancam nyawa.

Beberapa tanda dan gejala umum asma pada anak antara lain:
  • Batuk
  • Suara sengau atau siulan pada saat bernapas
  • Napas pendek
  • Pengetatan pada otot dada
Tanda dan gejala lain asma pada anak antara lain:
  • Karena napas yang pendek, batuk atau napas sengau maka menjadi sulit tidur
  • Batuk atau sengau yang memburuk ketika terserang virus pernapasan, seperti pilek dan flu
  • Tertundanya penyembuhan atau mengalami bronchitis setelah infeksi saluran pernapasan
  • Ketika bermain atau olahraga mengalami kelelahan atau masalah pernafasan
Ciri ciri tanda gejala asma pada setiap anak berbeda, dan juga dapat memburuk atau membaik. Hal yang paling dihubungkan dengan asma adalah ketika suara sengau, namun tidak semua anak dengan asma bersuara sengau. Anak dapat hanya memiliki satu tanda atau gejala, seperti penyumbatan di dada atau batuk yang tidak hilang

Terkadang sulit untuk mengatakan, apakah gejala pada anak anada disebabkan oleh asma. Nafas sengau dan gejala seperti asma lain kungkin bisa juga disebabkan karena infeksi bronchitis atau masalah pernafasan lain.

Cara mengatasi gejala asma pada anak dirumah adalah dengan :
  • Jauhkan anak dari hal yang menjadi penyebab alergi dan juga iritan yang sudah diidentifikasi oleh dokter sebagai penyebab penyakit asma. Misalnya adalah debu, bulu binatang peliharaan, beberapa makanan tertentu dan juga lainya.
  • Jauhkan anak dari asap rokok, karena terjadinya penyakit asma disebabkan paparan asap rokok pada anak merupakan salah satu penyebab yang paling kuat.
  • Memberikan ASI ekslusif untuk anak anda selama 6 bulan, dimana ASI ekslusif ini dapat membantu mengurangi potensi resiko dari asma sampai 50%.
  • Melakukan diet asam lemak omega 3 untuk mengurangi resiko dari terjadinya asma kambuh yaitu misalnya dengan mengkonsumsi ikan salmon yang mampu
  • Pahami dan pelajari semua yang harus Anda ketahui tentang asma, anda harus mengenali jenis obat asma yang dikonsumsi serta efek sampingnya, cara mencegah kekambuhan asma dan tindakan yang dilakukan pada serangan asma.
Agar membuat anak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya dengan normal dan tidak menganggu aktivitas sekolahnya serta bisa bermain dengan teman sebayanya, maka tindakan dari cara mengatasi gejala asma perlu dilakukan.Yaitu dengan cara mempelajari cara mengontrol asma dan mempelajari semua tentang asma, maka itu berarti anda sudah melakukan langkah penting dalam menangani maslaah asma pada anak.

Penyebab asma pada anak:

Pada penderita asma anak, saluran pernafasan mengalami pembengkakan dan peradangan saat terkena pemicu seperti asap atau alergen dikarenakan sistem imun yang terlalu sensitive. Terkadang terjadi tanpa pemicu yang jelas gejala asma tersebut. Ketika asma terjadi maka otot saluran pernafasan akan mengerut dan lapisan saluran pernafasan membengkak serta lendir tebal memenuhi saluran bronchial membuat gejala asma terjadi.

Pemicu asma yang berbeda pada setiap anak antara lain:
  • Infeksi virus, seperti pilek
  • Olahraga
  • Alergen, seperti debu, bulu hewan, serbuk sari atau jamur
  • Asap tembakau atau polutan lingkungan lain
  • Perubahan udara atau udara dingin
Kondisi yang berhubungan dengan asma antara lain:
  • Hidung basah dan sesak yang kronis (rhinitis)
  • Peradangan sinus (sinusitis)
  • Rasa panas di dalam perut (gastroesophageal reflux disease)
Ada beberapa penyebab penyakit asma pada anak selain pernyataan di atas dan beberapa penyebab diantaranya adalah:
  1. Adanya kuman atau bakteri pada saluran pernapasan
    Penyakit asma pada anak salah satu penyebabnya adalah dikarenakan kuman atau bakteri yang bersarang di dalam saluran pernafasan. Kuman atau bakteri yang sering muncul dan bersarang adalah bakteri moraxella catarrhalis yang sangat banyak di dalam saluran pernafasan. Untuk itulah, anda harus selalu membiasakan membersihkan tempat tempat yang berdebu, agar penyakit asma tidak mudah mnyerang anak anda dimana penyakit ini sangat berbahaya bagi tubuh dan badan. Dan memakan makanan yang bergizi adalah salah satu cara lain yang digunakan.
  2. Disebabkan karena adanya perlunakan pada trakea
    Adanya perlunakan pada trakea juga bisa menjadi salah satu penyebab penyakit asma pada anak. Sebab hal ini bisa mengakibatkan batuk yang fatal dan sangat parah serta berkepanjangan. Dan bisa juga disebabkan karena pada saluran trakea terjadi suatu infeksi. Maka dari itu, anda harus bisa menjaga kebersihan dan kesehatan untuk anak anda dengan baik dan benar agar dapat terhindar dari penyakit asma.
  3. Bisa disebabkan karena batuk pertusis
    Penyebab penyakit asma pada anak yang berikutnya adalah karena batuk pertusis. Batuk pertusis yaitu batuk yang sangat fatak dan parah yang dapat mengakibatkan batuk yang berkepanjangan. Dan penyakit ini dapat mengakibatkan rasa mual dan muntah muntah. Untuk itulah pentingnya menjaga kesehatan anak agar terhindar dari penyakit asma.
  4. Disebabkan karena adanya inflamasi pada saluran pernapasan yang kronis
    Selanjutnya karena adanya inflamasi pada saluran pernafasan yang kronis juga menjadi penyebab penyakit asma pada anak. Bagi anak anda yang memiliki penyakit asma, penyebab ini sangat membahayakan. Jaga kesehatan adalah poin penting agar anak anda terbesar dari penyakit asma ini. Dan konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat,protein dan serat serat vitamin untuk penunjang kesehatan tubuh.
  5. Disebabkan dengan batuk secara terus menerus
    Karena terlalu seringnya batuk secara terus menerus dan tidak sembuh sembuh juga menjadi salah satu penyebab penyakit asma pada anak. Pada anak yang mengalami penyakit asma biasanya penyakit ini menjadi penyebab yang sering terjadi.

Pencegahan penyakit asma :

Ada baiknya penyakit asma di cegah sebelum terlanjur, Karena penyakit asma merupakan penyakit yang mudah kambuh. Sebab jika bisa melakukan pencegahan penyakit asma, maka akan membuat penyakit ini tidak sering kambuh. Bahkan penyakit asma bisa sembuh secara menyeluruh jika pencegahannya dilakukan dnegan teratur. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit asma. Dan berikut ini adalah beberapa cara pencegahan agar saluran pernafasan menjadi lebih sehat ataupun agar sembuh dari penyakit asma:
  • Latihan pernafasan
    Dengan melakukan latihan pernafasan adalah salah satu cara sebagai upaya pencegahan penyakit asma. Latihan pernafasan sangat baik dilakukan untuk menjaga kesehatan saluran pernafasan, sehingga akan memiliki nafas panjang dan tidak mudah kehabisan nafas. Cara melakukan latihan pernafasan yang paling sederhana adalah dengan mengambil nafas dan buang nafs secara perlahan. Ulangi beberapa kali cara tersebut, dan lakukansetiap hari pada waktu pagi hari di saat udara masih segar.
  • Olahraga
    Untuk mencegah penyakit asma kambuh lagi bisa anda lakukan dengan cara berolahraga. Dan olahraga yang bisa anda lakukan adalah fitnes, lari ataupun berenang. Sehingga saluran pernafasan juga bisa tidak mudah kambuh serta terjaga. Selain itu jika ingin melakukan pencegahan terhadap asma, maka lakukan olahraga namun dengan waktu yang tidak berlebihan.
  • Menjaga kebersihan
    Infeksi yang disebabkan oleh debu dan juga kotoran masuk ke dalam saluran pernafasan juga dapat menyebabkan asma. Sehingga dengan menjaga kebersihan adalah adalah cara yang bisa anda lakukan. Kebersihan akan tempat yang mudah ditempeli debu dan juga bakteri seperti contohnya karpet,tempat tidur, ataupun boneka. Oleh sebab itu jaga kebersihannya dengan baik benda benda tersebut, dengan dibersihkan setiap hari dan cuci maksimal satu minggu sekali agar selalu terjaga dengan baik kebersihannya.
  • Berhenti merokok
    Salah satu yang menjadi penyebab asma adalah rokok, dan telah banyak yang mnegtahui hal ini. Rokok yang dihisap ataupun asap yang terhirup oleh orang yang tidak merokok juga menjadi faktor penyebab munculnya asma. Oleh karena itu agar gejala asma tyang kambuh sebaiknya tidak merokok dan menghindari asap rokok yang berada di sekitar, agar organ saluran pernafasan juga selalu sehat dan tidak mudah terkena penyakit. Dan merokok pada intinya adalah merugikan diri sendiri dan orang banyak di sekitar.
  • Makan makanan sehat
    Untuk memberikan nutrisi dalam tubuh dapat anda lakukan dengan makan makanan yang sehat dan cukup serat. Sehingga agar ciri gejala asma tidak kambuh lagi ada baiknya memberikan nutrisi tubuh dari makanan yang sehat agar daya tahan tubuhlah tetap terjaga kuat. 

Pengobatan asma alami pada anak / Obat asma pada anak:

Pilihan pertama untuk asma ringan maka bisa menggunakan obat sesak nafas tradisional sebagai alternatif pengobatan modern, maupun digunakan bersamaan dengan obat modern untuk mempercepat pengobatan. Jika bersamaan menggunakan obat tradsiional dengan obat modern, sebaiknya dicoba dengan takaran sedikit duluagar diketahui apakah ada efek samping atau tidak. Dan berikut ini adalah beberapa contoh obat asma tradisional anak paling ampuh yang bisa anda coba.
  • Madu
    Dengan menggunakan madu, adalah salah satu cara untuk mengatasi penyakit asma pada anak. Dan madu tidak akan sulit diberikan kepada anak karena manis rasanya. Sebaiknya setiap hari madu diberikan kepada anak,walupun penyakit asma pada anak telah sembuh. Sebab madu merupakan sumber vitamin yang baik untuk menjaga imun anak. 
  • Bunga kenanga
    Untuk mengobati asma pada anak bisa dibuat sendiri yaitu dengan menggunakan bunga kenanga. Dimana bunga kenanga yang kering dapat membantu menyembuhkan asma pada anak. Oleh karena itu berikan air rebusan bunga kenanga kepada anak jika memiliki penyakit asma. Bunga kenanga rasanya tidak pahit, namun jika anak menolak meminum air rebusan bunga kenangan, maka bisa dicampurkan dnegan madu.
  • Kunyit
    Selain bunga, rempah yang ditemukan di dapur pun bisa digunakan untuk mengobati asma pada anak. Obat alami asam dari kunyit bisa digunakan pada anak yang sedang terserang asma. Cara membuat obat asma dari kunyit pun tergolong cepat, hanya dengan menghaluskan kunyit dan kemudian direbus. Ketika telah dingin, bisa dicampur dengan madu kemudian berikan kepada anak.
  • Kencur
    Obat asma apda anak bisa juga menggunakan kencur, dimana obat alami asma dari kencur ini cukup ampuh untuk mengatasi asma pada anak. Maka jika serangan asma pada anak sedang kambung,berikan air kencur sebagai obatnya.
  • Jahe
    Hal yang harus anda lakukan ketika anak terserang asma adalah tetap tenang, dan kemudian buat obat asma dari jahe. Minumkan air jahe ini kepada anak, sebab jahe mempunyai khasiat dalam menyembuhkan penyakit asma. 

Obat asma pada orang dewasa alami herbal:

Alternatif pengobatan modern yaitu dapat dengan memberikan obat asma tradisional yang bisa didapatkan dengan mudah,atau bisa juga digunakan sebagai pendamping obat modern. Meskipun utnuk saat ini obat dengan kandungan kimia tetap dinomor satukan untuk menyembuhkan berbagai penyakit, namun secara tidak kita sadari sebenarnya di sekitar kita sudah tersedia berbagai macam obat obatan herbal yang dapat membantu mencegah,meringankan dan mengobati berbagai penyakit anda dimana asma adalah salah satunya.

Mengapa anda lebih disarankan menggunakan obat tradisional? Salah satunya dikarenakan berasal dari bahan alami dantidak akan memberikan suatu efek samping seperti obat kimia. Dan belum lagi dikarenakan obat tradisional sudah terkenal manfaat dan khasiatnya secara turun temurun dari jaman dahulu. Beikut ini beberapa obat tradisional alami untuk mengobati penyakit asma bagi orang dewasa yang sebenarnya juga tidak jauh dari obat tradisional asma untuk anak anak.

Beberapa obat asma tradisional alami herbal pada orang dewasa :

1).Madu
Untuk mengencerkan lendir yang menghambat saluran pernafasan, makadengan menggunakan madu adalah pilihan terbaik yang kemudian dapat dikeluarkan lendir tersebut. Konsumsi madu dengan menggunakan air hangat,jangan dnegan air dingin sebab justru hanya akan memperburuk kondisi pernafasan dan jangan juga dengan air yang ‘panas’, sebab juga justru dapat merusak nutrisi yang dikandung dalam madu. Cara menggunakan madu sebagai obat tradisional mengobati penyakit asma adalah dengan menyampurkan 2-3 sendok makan madu ke dalam air hangat kemudian minu.
Supaya semakin ampuh mengobati asma:
  1. Dapat ditambahkan 1/4 sdt bubuk kunyit, atau ditambahkan 1/2 sdt bubuk kayu manis.
  2. Jika tidak ada bubuk kunyit, bisa dengan kunyit yang telah dicuci, lalu dipotong-potong lalu dimasukkan kedalam campuran madu,
  3. Atau kunyit yang ditumbuk halus kemudian dicampurkan.
  4. Minuman madu ini juga bisa ditambahkan 1 sdt tumbukan bawang putih.

2).Jahe
Jahe sangat terkenal untuk menghangatkan badan. Nmun selain hal tersebut, jahe ternyata juga bisa digunakan sebagai obat tradisional asma ampuh. Asma sendiri disebabkan karena adanya peradangan pada saluran nafas bawah dan khasiat jahe inilah dapat membantu mengatasi peradangan tersebut. Jahe dapat ditambahakan ke dalam campuran jahe+madu. Sebab kombinasi yang sangat cocok untuk jahe adalah madu, dimana kombinasi ini akan mempercepat mengatasi asma anda. Saat jahe menghentikan bertambahnya lendir dalam saluran dengan mengatasi peradangan, maka madu akan mengencerkan lendir dan dapat dikeluarkan.
Cara tambahan penggunaan jahe untuk oba asma:
  1. Penggunaan jahe dapat dengan ditumbuk dulu hingga halus.
  2. Atau dengan dipotong-potong saja.
  3. Kemudian dicampurkan ke dalam campuran madu.
  4. Jika hanya dipotong-potong, berikan lebih banyak jahe dibandingkan dengan jika ditumbuk. 

3).Bunga Kenanga Kering
Apakah yang terlintas di benak anda harus memkan bunga? Tentu saja tidak, namun anda diharuskan meminum ramuan yang terbuat dari bahan dasar bunga kenanga kering. Sebab salah satu obat asma dipercaya bisa menggunakan bunga kenanga kering.
Cara membuat bunga kenanga untuk obat herbal asma:
  1. Sediakan tiga kuntum bunga kenanga kering.
  2. Lalu rebus dengan 200 cc air sampai mendidih.
  3. Setelah itu tutup wadahnya rapat-rapat.
  4. Barulah setelah airnya agak dingin, minum airnya sekaligus.
  5. Untuk menyembuhkan asma, cobalah minum ramuan herbal ini setiap hari secara teratur.

4).Buah Cermai
Buah cermai bisa digunakan juga sebagai obat asma tradisional paling ampuh, dimana buah yang rasanya unik ini bisa menjadi obat asma yang manjur. Cara menggunakan dan mengolah buah cermai untuk obat tradisional asma juga tergolong mudah,caranya adalah sebagai berikut.
Cara membuat buah cermai untuk obat tradisional asma:
  1. Cuci buah kelengkengnya sampai bersih,
  2. lalu tumbuk bersama bahan-bahan lain yang sudah Anda siapkan sebelumnya.
  3. Kemudian rebus hasil tumbukannya dengan 2 gelas air sampai tersisa ½ gelas saja.
  4. Minumlah setelah airnya dingin dan disaring.

5).Daun Ki Tolod
Untuk nama obat herbal penyakit asma yang satu ini mungkin anda cukup asing. Namun tumbuhan ini ternyata cukup efektif juga untuk mengobati penyakit asma. Dimana cara mengolah daun ki tolod untuk pengobatan tradisional asma alami adalah sebagai berikut
Cara menggunakan daun ki tolod untuk mengobati asma:
  1. Siapkan dua lembar daun ki tolod dan juga dua gelas air.
  2. Setelah daun dicuci, rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa setengahnya.
  3. Minum ramuannya setelah airnya dingin dan di saring sebanyak dua kali sehari, yaitu pagi dan sore,
  4. lakukan secara teratur hingga sakit sesak nafas Anda teratasi.

Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Asma & Obat Herbalnya | Unknown | 5