Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Usus Buntu & Obat Herbalnya



Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Usus Buntu & Obat Herbalnya
Penyakit radang usus buntu sepertinya sudah sering didengar oleh banyak orang dan tidak asing di Negara Indonesia. Penyakit ini bisa diderita oleh siapa saja dari muali remaja,dewasa termasuk anak anak sekalipun. Sangat perlu diwaspadai usus buntu pada saat menunjukkan ciri gejala tertentu, karena penderita penyakit usus buntu akan megalami sakit yang luar biasa pada bagian perut tertentu dan hal ini bila dibiarkan akan sangat berbahaya. Lalu apa sebenarnya penyakit usu buntu ini? Dan bagaimana cara mendeteksi gejala yang muncul bila terkena usus buntu?

Apa itu penyakit usus buntu?

Bukan hanya organ lain saja yang bisa terkena serangan dari penyakit, usus buntu juga bisa mengalami suatu peradangan. Penyakit usus buntu adalah penyakit yang disebabkan karena terjadinya peradangan pada usus buntu, dimana telah terjadi suatu penyumbatan yang dikarenakan karena adanya benda keras pada tinja atau infeksi yang ada di usus buntu, sehingga cabang getah bening menjadi bengkak. Bila terjadi berbagai infeksi yang ada dalam usus buntu sehingga menyebabkan peradangan,maka penyakit usus buntu ini akan menyerang.Jika tidak segera dilakukan penanganan khusus dan usus buntu uterus mengalami peradangan dikhawatirkan usus buntu bisa pecah dan mengakibatkan peradangan yang mengeluarkan nanah dan terjadi di luar usus. Masalah yang muncul berikutnya adalah bila benda yang berasal dari usus buntu tersebut memasuki daerah rongga perut sehingga terjadi peradangan yang cukup serius atau peritonitis.

Ciri ciri gejala awal penyakit usus buntu:

Para penderita lebih memilih jalan operasi pembedahan untuk pengangkatan usus buntu bila dibandingkan mengalami rasa sakit yang luar biasa di perut yang diakibatkan oleh penyakit usus buntu tersebut. Namun ada baiknya mengetahu ciri gejala awal penyakit usus buntu dapat menjadi pengobatan yang lebih baik sebelum usus buntu bertambah parah meradang. Berikut adalah beberapa gejala gejala yang muncul saat orang terkena usus buntu.
  1. Perasaan sakit pada pusar
    Ciri anda awal usus buntu dapat diawali dengan rasa sakit yang ditimbulkan pada bagian bawah pusar atau perasaan yang kurang nyaman lainnya.Munculnya perasaan kurang nyaman inipun akan berpindah ke bagian bawah perut secara perlahan
  2. Demam
    Munculnya gejala demam, tak hanya perasaan sakit yang dirasakan pada bagian perut. Gejala demam akan bertambah tinggi pula jika keadaan semakin memburuk.
  3. Diare
    Salah satu ciri tanda gejala usus buntu berikutnya adalah diare, dari sekian banyak penderita yang mengalami usus buntu, diare dan sakit perut juga menunjukkan ciri utamanya, ada baiknya segera periksakan diri ke dokter saat mengalami kondisi ini.
  4. Perasaan sakit pada bagian perut
    Cara sederhana ini bisa menunjukkan apakah anda terkena penyakit usus buntu atau tidak, yaitu dengan cara menekan bagian bawah kanan perut. Apabila pada pagian tersebut setelah ditekan terasa sakit, maka segera periksakan ke klinik terdekat,karena bisa saja hal tersebut adalah tanda gejala usus buntu pecah.
  5. Perasaan sakit yang bertambah
    Di awal terjadinya, gejala sakit tidak berdampak begitu besar pada tubuh dan biasa saja, namun beberapa jam kemudian rasa sakit akan bertambah sehingga penderita akan sulit melakukan aktifitas jika berada dalam kondisi ini.
  6. Merasakan mual dan muntah
    Gejala seperti merasakan mual dan muntah yang dirasa sepertinya ringan, namun jika mual dan muntah tersebut berlangsung cukup lama hingga 12 jam dan belum berhenti, maka sebaiknya segera diwaspadai dan dibawa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.
  7. Sering buang gas dan perut kembung
    Gejala ciri usus buntu yang bisa terlihat kemudian adalah seringnya buang gas dan kembung, Gejala yang terlihat ini seperti biasa saja, namun jika penderita merasakan sakit pada perut bagian bawah sebaiknya langsung melakukan konsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut apakah usus buntu atau bukan.

Uraian beberapa gejala di atas adalah ciri ciri tanda gejala awal terkena penyakit usus buntu, lakukan tindakan lebih lanjut dengan segera memeriksakan diri ke dokter sebelum terlambat dan dapat ditangani lebih lanjut. Karena dengan melakukan langkah awal sebelum bertambah parah dapat mengurangi resiko yang berbahaya pada kesehatan anda.
 

Penyebab penyakit usus buntu:

Pembengkakan yang cukup menyakitkan dan menimbulkan infeksi pada usus pada akhirnya menyebabkan penyakit usus buntu. Sebuah organ tubuh yang memiliki jaringan jaringan kecil yang melekat pada usus besar disebut usus buntu. Dimana usus buntu ini terletak di bagian kanan bawah perut,maka perlu anda waspadai jika ada rasa nyeri di bagian tersebut. Gejala umum yang sering dirasakan dan dialami oleh penderita usus buntu adalah rasa nyeri dan melilit pada bagian perut atau usus. Ada juga gejala lain yang menyertai timbulnya penyakit ini adalah demam mengigil, tiba tiba kehilangan nafsu makan, rasa mual ingin muntah dan rasa melilit pada bagian perut bawah.

Rasa melilit dan nyeri di perut ini dapat terjadi hampir di sekitar pusar hingga bagian bawah perut terutama sebelah kanan. Dimana banyak penderita yang mengira rasa sakit nyeri ini sebagai penyakit maag atau lambung biasa. Pola makan yang buruk, seringnya menunda lapar, susah buang air besar, terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas,makanan asam ataupun asin dapat menyebabkan usus buntu pada akhirnya.

Baca juga : Ketahui penyebab,ciri ciri gejala penyakit maag  & obat herbalnya.

Karena adanya bakteri yang masuk ke dalam saluran cerna kemudian berkembang biak dengan membelah diri juga bisa menjadi penyebab penyakit usus buntu.Bakteri yang sering menyerang tersebut adalah bakteri E.Coli dan Salmonella. Penyebab usus buntu ini adalah berupa penyakit cacing dari bakteri yang mungkin terdapat pada makanan yang dikonsumsi, maupun dari kebersihan yang kurang terjaga. Kemudian cacing ini masuk bersama dengan makanan atau melalui dubur/anus.

Jika dalam saluran cerna terdapat cacing dan bakteri terutama usus, maka cacing dan bakteri tersebut akan memakan sari sari makanan dan meninggalkan sisa kotoran di dalam usus. Dan akibat dari menipisnya dinding usus maka kemudian usus akan mulai mengalami infeksi, lalu usus meradang dan kotoran di dalam usus sulit untuk dikeluarkan. Hal inilah yang kemudian menjadi penyebab usus buntu yang sering terjadi terutama pada orang dewasa, namun anak kecil pun tak menutup kemungkinan juga dapat beresiko terkena penyakit usus buntu ini.

Dengan tetap menjaga pola makan yang baik, sebenarnya penyakit usus buntu dapat diminimalisir. Jangan menunda lapar terlalu lama, jika perlu anda dapat menahan rasa lapar sementara dengan mengemil makanan sehat. Selain itu penting untuk memelihara kebersihan makanan maupun lingkungan yang disajikan, ada baikya menutup sajian makanan dengan tudung saji agar terhindar dari paparan penyakit yang mungkin dibawa serangga pada makanan.

Jika sebelum atau sesudah makan biasakan untuk mencuci tangan, perbanyak minum air putih. Di saat gejala usus buntu tiba atau terjadi kontraksi, anda dapat mengantisipasinya dengan minum air putih hangat dengan diberi sedikit garam.Keadaaan perut yang sebah/kembung juga dapat menjadi penyebab usus buntu, sebab dengan banyaknya timbunan gas di dalam perut menyebabkan gas dalam perut sulit dikeluarkan sehingga efek yang terjadi adalah sembelit atau konstipasi.

Makanan penyebab penyakit usus buntu:

Jenis penyakit yang menyerang bagian perut adalah usus buntu, dan faktor makanan adalah yang menjadi penyebab usus buntu. Karena dalam sistem pencernaan makanan yang kita makan sangat berpengaruh. Makanan yang sejak dahulu dipercaya sebagai penyebab usus buntu adalah biji jambu dan biji cabai.

Usus buntu merupakan salah satu penyakit yang sangat mengerikan bagi penderitanya, dan makanan adalah faktor utama penyebab penyakit usus buntu ini. Berikut ini adalah makanan yang harus anda hindari apabila anda sedang mengalami keluhan usus buntu saat ini.

1.Makanan yang Digoreng
Orang yang sedang mengalami usus buntu harus menghindari makanan yang dibuat dengan cara digoreng. Sebenarnya makanan yang dimasak dengan cara digoreng sangatlah berbahaya bagi organ tubuh manusia. Beberapa contohnya adalah bagi bagian hati akan menyebabkan kanker hati, bagi bagian jantung akan menyebabkan penyakit jantung koroner, untuk bagian usus akan menyebabkan rasang usus buntu dan pada bagian perut akan menimbulkan kolesterol serta penumpukan lemak.

Karena dengan digoreng maka makanan akan mengandung bahan senyawa karnioksigen.Dan zat inilah yang merupakan perusak sel tubuh dan menjadi pemicu kanker sehingga sangat berbahaya dan menimbulkan banyak penyakit baru di dalam tubuh. Selain itu, dengan seringnya menggunakan minyak goring bekas sama saja dengan memasukkan racun ke dalam tubuh.

2.Daging Instan
Daging instan adalah salah satu makanan penyebab usus buntu selanjutnya yang banyak disukai orang banyak tentunya. Namun yang perlu anda ketahui adalah daging yang diproses dengan cara instan adalah jenis makanan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Namun daging di sini yang dimaksud adalah daging yang diolah dengan zat pewarna dan zat perasa buatan. Sehingga sangat mmebahayakan bagi kesehatan tubuh terutama organ hati karena akan meningkatkan kadar karsinogen.

3.Daging Unggas
Jika dalam masa pertumbuhannya jenis unggas menggunakan suntikan vaksin juga sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Sebab banyak sekali unggas yang berada di pasaran adalah unggas yang belum cukup umur untuk dikonsumsi.Namun seiring teknologi yang bertambah maju, meskipun unggas belum cukup umur tetapi dengan disuntik vaksin maka unggas dalam segi fisik terlihat lebih besar bila dibandingkan dengan usianya.sehingga pada akhirnya unggas inipun dapat dikonsumsi.

4.Makanan yang dibakar langsung
Makanan seperti sate daging, ikan yang dibakar adalah jenis makanan yang cara prosesnya dibakar langsung akan sangat berbahaya bagi tubuh. Sebab makanan yang langsung dibakar di atas arang sudah dipastikan akan membawa zat kimia dari arang tersebut, maka dapat dikatakan makanan yang dibakar adalah jenis makanan yang lebih dari kotor (maaf).

Walapaun mematikan virus dan bakteri dengan cara memproses makanan pada suhu yang panas, tetapi banyak debu arang yang menempel pada makanan tersebut. Dan di saat memakan makanan yang dibakar tersebut mungkin akan terasa juga debu arangnya, lalu apakah anda bisa bayangkan saat usus kita mencernanya? Usus akan merasa perih karena menerima makanan yang mengandung debu arang, dan hal inilah yang menjadi penyebab radang usus dan kanker usus yang mungkin belum anda ketahui selama ini.

5.Makanan yang mengandung vetsin dan garam tinggi
Ini adalah jenis makanan yang penyebab usus buntu yang paling sering dikonsumsi banyak orang seperti mie instan,penyedap rasa dan bumbu dapur instan. Dimana sel sel kanker ganas akan terpicu dari beberapa makanan yang mengandung zat zat seperti tadi itulah.Pada awalnya pada tenggorokan (amandel) akan muncul benjolan kemudian lama kelamaan akan tumbuh menjadi tumor jinak dan jika bertambah parah akan menjadi tumor ganas.

Hal tersebut diakibatkan karena terlalu banyaknya mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung garam dan vetsin. Selain itu, pada usus garam juga dapat menyebabkan iritasi. Dan hampir semua makanan ataupun cemilan yang beredar tidak jauh menggunakan mecin. Sebaiknya berhati hatilah dalam memilih makanan atau cemilan, harus lebih selektif dalam memilih makanan dan cemilan yang berredar di pasaran.

Berikut tadi daftar makanan penyebab usus buntu, sehingga ada baiknya jika anda ingin terhindar dari penyakit usus buntu kurangi makan makanan tersebut dan ini juga berlaku bagi anda yang tengah mengalami penyakit usus buntu.

Faktor penyebab penyakit usus buntu akut :

Penyakit usus buntu akut disebabkan oleh enterobius vermicularis dahulu disebut dengan Oxyvirus atau cacing kremi yang ada dalam coecum dimana di dubur dapat menimbulkan gatal di sekitarnya dan kejang hebat pada anak anak. Radang umbai usus buntu adalah infeksi yang disebabkan oleh cacing ini.

Penyebab paling sering “acute abdomen” yaitu radang usus buntu akut. Data menunjukkan 90.000 khasus operasi usus buntu diangkat pada tiap tahunnya terjadi di amerika utara. Biasanya radang usus buntu ini disebabkan leh masa feses. Yaitu kelainan kongenital appendix tidak terbentuk dan berupa appendix ganda.Peradangan yang terjadi pada usus buntu secara tiba tiba merupakan penyakit usus buntu akut dan pada umumnya menimbulkan rasa sakit perut yang sangat menyiksa.

Penyebab usus buntu lebih cenderung disebabkan karena terlalu berlebih dalam mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Contoh khasus yang banyak terjadi saat ini adalah penduduk Indonesia rata rata sangat menyukai rasa pedas dan asin. Rasa makanan yang demikian ini terkadang mempengaruhi system pencernaan manuasia seperti, terlalu seringnya BAB dan gangguan sakit perut. Makanan maupun minuman saat berada di dalam perut yang sulit diterima oleh system pencernaan makanan tentunya akan menjadi sampah, dimana hal ini pada kelangsungan sistem metabolisme tubuh menimbulkan efek buruk, terutama di pencernaan.

Di dalam usus sisa makanan yang tersisa akan tersimpan. Ketika sisa makanan yang tersisa tidak bisa diolah usus, maka sampah makanan di dalam usus akan berubah menjadi bakteri dan penyakit. Dimana pada akhirnya akan sangat membahayakan pada kelangsungan fungsi usus pada berikutnya.

Di dalam usus ini infeksi bakteri yang terdapat di dalamnya akan menimbulkan berbagai keluhan diantaranya mulai dari perut kembung, sakit perut, sakit maag dan pada akhirnya bisa menimbulkan usus buntu yang merupakan hal yang sangat fatal.Pola makan dan pola hidup yang tidak sehat inilah yang menjadi penyebab usus buntu. Dan saat ini usus buntu menjadi masalah kesehatan yang cukup serius, terutama bagi mereka yang dengan kebiasaan menjalani pola makan yang salah.

Pencegahan penyakit usus buntu:

Penyakit dan penyebab usus buntu dapat diatasi dengan berbagai macam pencegahan alami usus buntu yang dapat dilakukan dengan cara :
  • Lebih selektif dalam memilih makanan sehat, makanan yang sehat tidak harus yang mahal, namun tentunya adalah jenis makanan yang mengandung gizi, nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.
  • Selalu mengkonsumsi air putih yang banyak, 2 liter per hari minimal atau lebih yang disesuaikan dengan kebutuhan akan kesehatan.
  • Istirahat yang cukup dengan pengauran jadwal yang berimbang dengan aktivitas dan kegiatan.
  • Hindari stress yang berlebihan, sebab stress dapat berujung pada terganggunya psikis sehingga rentan penyakit akan mudah masuk.
  • Minum suplemen penambah nutrisi bagi tubuh,namun sesuai dengan indikasi dokter tentunya. 

Pengobatan alami penyakit usus buntu:

Penyakit usus buntu tidak selalu dapat disembuhkan dengan tindakan operasi pengangkatan dan pembuangan usus buntu. Masih ada cara alami lainnya yang dapat dilakukan untuk mengobati penyakit usus buntu dengan menggunakan resep alami yang menggunakan bahan rempah dan herbal alami. Berikut salah satu pengobatan alami untuk mengobati usus buntu dengan menggunakan bahan rempah herbal alami, diantaranya adalah :

Untuk mengobati penyakit usus buntu tidak harus selalu dilakukan dengan tindakan operasi pengangkatan dan pembuangan usus buntu. Ada cara alami yang dilakukan untuk mengobati penyakit usus buntu dengan cara pengobatan herbal tradisional dengan menggunakan bahan rempah dan herbal alami. Berikut ini adalah resep cara mengobati usus buntu dengan cara herbal

Resep untuk mengobati usus buntu:
  • 3 ruas jari kunyit
  • 2 sendok makan air jeruk nipis
  • Garam dan gula merah secukupnya
Cara membuat resep untuk mengobati usus buntu:
  1. Kunyit di cuci bersih, kemudian parut untuk di ambil sarinya
  2. Kemudian tambahkan 2 sendok makan air jeruk nipis, garam dan gula merah secukupnya. Lalu tambahkan air putih dalam 1 cangkir
  3. Minum resep ini selama 1 minggu berturur-turut secara rutin setelah makan (2x sehari pada pagi dan malam hari).
  4. Hindari makanan pedas

Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Usus Buntu & Obat Herbalnya | Unknown | 5