Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Tipes & Obat Herbalnya



Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Tipes & Obat Herbalnya

Penyakit tipes:

Penyakit tipes bisa menyerang siapa saja, baik itu anak anak bahkan orang dewasa. Meskipun sakit tipes umumnya sering menyerang anak anak, namun tidak menutup kemungkinan jika orang dewasa dapat juga terkena penyakit tipes ini.Jadi sebaiknya penyakit ini harus anda waspadai. Karena siapa saja dapat terserang penyakit ini, dan di Indonesia penyakit tipes sangat sering terjadi.

Siapapun dapat terserang penyakit tipes, karena penyakit tipes biasanya terjadi karena kurang pahamnya mengenai ciri ciri gejala munculnya penyakit tersebut. Dan banyak yang mengira di awal gejalanya penyakit tipes sering disamakan dengan penyakit demam berdarah. Sehingga dokter pun juga biasanya memastikan terlebih dahulu dengan hasil lab, untuk memastikan apakah terkena penyakit demam berdarah atau tipes.

Agar penyakit ini tidak menyerang kita, sebaiknya kebersihan makanan dan lingkungan lebih diperhatikan. Karena makanan yang sudah terkontaminasi oleh bakteri penyebab tipes adalah faktor utama dari timbulnya penyakit ini. Baca lebih lengkap untuk mengetahui cara penularan penyakit tipes ini, simak beberapa penjelasannya berikut.

Gejala tipes pada anak umumnya hampir sama dengan gejala penyakit demam berdarah. Hal ini yang mmebuat bingung masyarakat awam dalam membedakan antara ciri ciri gejala tipes dan penyakit demam berdarah ini.Nah di sini akan dijelaskan mengenai ciri gejala penyakit tipes pada anak dan bagaimana cara menanganinya, penyebab penyakit tipes kambuh dan pengobatan tradisional alami penyakit tipes.

Penyebab penyakit tipes:

Secara umum karena infeksi bakteri pada usus halus inilah yang menunjukkan gejala tipes pada anak. Bakteri penyebab tipes bernama salmonella typhi atau salmonella paeartyphi.Nah, yang paling beresiko terkena penyakit ini adalah anak anak, karena anak biasanya lebih berpotensi mengkonsumsi sembarang makanan yang sudah tercemar bakteri tipes. Bakteri berkembang biak yang telah masuk ke saluran usus dan akhirnya merusak dinding usus. Bahkan setelah itu bakteri yang semakin berkembang ini masuk ke saluran limfa dan bisa pada akhirnya masuk ke pembuluh darah. Proses ini biasanya bisa memakan waktu berkisar antara 24 jam hingga 27 jam.

Lalu apa yang terjadi? Setelah proses beberapa jam tersebut, bakteri semakin menyebar pada pembuluh darah dan semakin berkembang yang akhirnya akan menimbulkan ciri ciri gejala penyakit tipes. Gejala demam yang semakin tinggi adalah salah satu ciri gejala yang paling umum dari hari ke hari terutama ketika di malam hari. Dan untuk selanjutnya apabila anda menderita gejala seperti ini dalam waktu 7 – 10 hari anda harus sangat mewaspadai.

Biasanya pada penderita penyakit tipes ini akan menderita demam pada malam hari, namun pada kesokan harinya demam ini akan hilang. Demam ini akan secara berulang terus terjadi di hari berikutnya, namun semakin lama suhu tubuh akan menjadi sangat tinggi.

Penyebab penyakit tipes adalah karena bakteri salmonella thypi. Penyakit tipes ini merupakan suatu penyakit menular, jadi jangan sampai anak anda terkena penyakit ini dengan melakukan pencegahan – pencegahan.

Dengan pemeriksaan ke dokter dan dengan penamngan yang tepat, maka dapat diketahui penyebab penyakit tipes dan cara pencegahannya. Biasanya dokter akan memberikan pengobatan apabila penderita mengalami demam lebih dari 5 hari dan demam tersebut naik turun. Dan pengobatan yang dilakukan tersebut juga harus sampai tuntas, dan ikuti juga anjuran anjuran dari dokter dengan tepat. Dengan pengobatan dna pencegahan penyakit tipes tersebut, biasanya demam akan turun setelah 3 hari pengobatan berlangsung.

Baca juga : Ketahui ciri ciri gejala penyakit demam berdarah / DBD  & obat herbalnya.

Cara penularan penyakit tipes:

Bakteri salmonella thypii ini cara penularannya dapat melalui makanan, jari tangan atau kuku, muntahan, lalat dan feses. Perantara kuman tersebut dapat ditularkan melalui lalat, dimana lalat akan hinggap di makanan yang akan dikonsumsi oleh orang yang sehat. Apabila kebersihan diri orang tersebut kurang,seperti mencuci tangan dan makanan yang tercemar kuman salmonella thypii masuk melalui mulut ke tubuh orang yang sehat. Kemudian kuman masuk ke dalam lambung, di asam lambung sebagian kuman akan dimusnahkan dan sebagian lagi masuk ke usus halus ke bagian distal dan pada akhirnya mencapai jaringan limpoid. Kuman berkembang biak di dalam jaringan limpoid ini, lalu masuk ke aliran darah dan mencapai sel sel retikuloendotelial. Sel sel retikuloendotelial ini akan melepaskan kuman ke dalam sirkulasi darah, dan menimbulkan bakterimia. Dan kuman akhirnya akan masuk ke limpa,usus halus dan kandung empedu.

Ciri ciri tanda gejala penyakit tipes:

Tipes adalah penyakit yang disebabkan oleh kuman yang merupakan penyakit infeksi sistemik. Tipes atau yang bisa disebut juga dengan demam tifoid adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella typhi, dimana penyakit ini banyak menjangkiti Negara Negara berkembang seperti indoneisa, dikarenakan makanan dan minuman yang mudah terkontaminasi oleh bakteri ini karena kurangnya menjaga kebersihan makanan.

Gejala penyakit tipes yang timbul pada orang dewasa dan anak biasanya berbeda.Pada anak anak, gejala tipes yang timbul biasanya lebih ringan. Masa inkubasi tipes yaitu antara 10 – 20 hari, namun jikakuman masuk melalui makanan, masa inkubasi bisa lebih singkat yaitu memakan waktu 4 hari saja.

Di masa inkubasi ini, gejala tipes yang muncul belumlah gejala primer. Biasanya gejala yang tidimbulkan oleh tipes seperti tidak enak badan, rasa lesu, nyeri pada kepala, pusing dan terlihat tidak bersemangat.Setelah masa inkubasi, barulah ciri gejala tipes yang ditimbukan seperti berikut ini, antara lain:
  • Demam tinggi, cukup lama biasanya berlangsungnya dan terus menerus bisa sampai 5-6 hari bisa juga sampai tiga mingguan
  • Selain panas yang tinggi, juga tercium bau mulut yang tidak sedap serta bibir kering dan pecah pecah
  • Lidah juga ditutupi oleh selaput putih
  • Perut sering kembung, dan konstipasi dengan kata lain, selama beberapa hari tidak bisa buang air besar
  • Gangguan kesadaran juga sering menyertai gejala penyakit tipes ini, bahkan penderita dapat kehilangan kesadaran bila tidak segera ditangani dengan baik.

Ciri ciri gejala penyakit tipes pada bayi anak:

Gejala tipes pada anak biasanya memberikan gambaran klinis yang ringan dan bahakan bisa juga tanpa menunjukkan gejala (asimtomatik). Secara garis besar, tanda dan gejala yang ditimbulkan antara lain seperti berikut ini: Beberapa gejala penyakit tifus pada bayi anak
  • Demam
    Biasnaya saat anak bermain di tempat yang kotor rentan sekali terkena bakteri penyakit, dan bisa juga saat anak memakan makanan yang mengandung bakteri yang menyebabkan tipes. Beberapa gejala yang akan dialami anak anak adalah mengalami pusing kepala dan demam. Karena gejala ini merupakan gejala demam biasa, sehingga biasanya banyak orang tua yang hanya memberikan penurun panas untuk obatnya. Sehingga pada akhirnya penyakit tipes pada anak akan semakin berkembang.
  • Sakit perut
    Jika benar terdapat bakteri dari makanan yang menyebabkan penyakit tipes, maka gejala yang dimunculkan biasanya adalah anak akan mengalami diare. Karena sistem pencernaan yang menginfeksi usus terdapat bakteri. 
  • Kehilangan kesadaran
    Jika bakteri sudah menginfeksi usus dan seorang anak tidak dapat menahan rasa sakit tersebut maka akan mengakibatkan anak kehilangan kesadaran, seperti pingsan. Oleh sebab itu sebaiknya perhatikan saat anak mengkonsumsi makanan dan diawasi tempat bermain anak tersebut. 
  • Demam yang naik turun
    Jika anak mengalami demam yang sangat tinggi, lalu pada sore harinya tubuh akan mengalami penurunan dan berlangsung beberapa hari, maka anda harus mewaspadai akan hal ini. Karena hal ini dapat menunjukkan suatu ciri ciri gejala penyakit tipes pada anak. 
  • Tidak nafsu makan
    Ciri gejala penyakit tipes pada anak dapat juga akan menghilangkan nafsu makan, sehingga berat badan anak akan menurun.

Makanan untuk penyakit tipes pada anak:

Karena penderita penyakit tipes akan lemas karena tidak nafsu makan, maka sebaiknya dicoba sedikit untuk memberikan makan. Karena apabila tidak mau makan akan menimbulkan penyakit baru, yaitu munculnya penyakit maag. Oleh karena itu sebaiknya anda memberikan beberapa makanan berikut ini saat anak anda terkena penyakit tipes.
  • Daging ayam rebus
    Jika anak anda terkena penyakit tipes, sebaiknya anda memasak daging ayam dengan cara direbus. Karena jika di bakar atau di goring atau mengkonsumsi jenis makanan lain, tidak boleh dikonsumsi oleh penderita tipes. Karena pada anak yang sedang terkena penyakit tipes, mengkonsumsi daging ayam yang mengandung protein snagat bagus.
  • Ikan rebus
    Selain daging ayam, jika anak anda sedang terkena penyakit tipes mengkonsumsi ikan juga bagus. Karena lidah akan terasa hambar ketika sedang menderita tipes, oleh sebab itu sangat bagus untuk mengkonsumsi ikan dengan cara di tim. Selain ikan bagun utk tuubh dan otak, ikan rebus juga dapat menambah energy anak.
  • Kacang kedelai
    Kacang kedelai juga sangat bagus untuk anak saat menderita penyakit tipes. Karena kacang kedelai mengandung protein yang sangat tinggi, anda juga dapat membuat kacang kedelai menjadikannya sebagai susu, agar anak anda mau meminumnya.
  • Tahu
    Makanan olahan yang terbuat dari bahan dasar kedelai salah satunya adalah tahu. Dan jika anda memberikan tahu pada para penderita tipes sebaiknya dengan cara mengolah tahu dengan cara di tim, dan bukan digoreng.

Diagnose laborat mengenai penyakit tipes:

Untuk mengetahui penyakit tesebut, tes laboratorium menunjukkan :
  • Trombosit menurun
  • Terjadinya penurunan sel darah putih
  • Anemia rendah karena pendarahan pada usus
  • Menemukan bakteri salmonella typhosa pada kotoran, darah, urin
  • Peningkatan titer Widal

Ciri Ciri gejala penyakit tipes pada orang dewasa:

Gejala tipes yang dialami oleh orang dewasa terkadang sama persis dengan gejala tipes yang dialami oleh anak anak, namun dalam waktu 1-3 minggu gejala penyakit tipes pada orang dewasa biasanya baru diketahui setelah terpapar penyakit. Pada anak anak hal ini berbeda, yang lebih sering terjadi dengan tiba tiba atau langsung diketahui gejalanya di awal.Gejala penyakit tipes secara umum bisa digunakan sebagai langkah antisipasi awal untuk menghindari hal yang buruk. Sehingga jika salah satu ciri gejala penyakit tipes ini terjadi pada anda, segeralah periksakan diri ke dokter. Berikut ini ciri gejala umum penyakit tipes pada orang dewasa.

a. Pada Minggu Pertama
Beberapa gejala yang terlihat di minggu awal penyakit tipes adalah sebagai berikut:
  • Sakit kepala yang berat
  • Badan terasa sangat lemah
  • Nafsu makan berkurang
  • Diare
  • Nyeri perut yang meronta-ronta
  • Bercak-bercak merah di tubuh
  • Sakit Demam yang meningkat, biasanya mencapai suhu 39 – 40 derajat Celcius
b. Pada Minggu Kedua
Kalau di minggu pertama anda rasa adalah sebuh gejala penyakit biasa, maka pada minggu kedua gejala yang terjadi biasanya semakin parah, seperti
  • Demam semakin tinggi
  • Sembelit pada perut
  • Perut membuncit
  • Penurunan berat badan yang ekstrim
c. Pada Minggu Ketiga
Pada minggu ketiga gejala yang terlihat mulai terjadi suatu gejala komplikasi yang mengakibatkan anda mulai mengigau dan saat mata terjaga mata akan seperti bergerak sendiri.

d. Pada Minggu Keempat
Pada minggu keempat, gejala komplikasi yang sebelumnya mulai membaik, bahkan suhu tuubh anda mulai kembali normal. Ini seperti yang terjadi pada penyakit demam berdarah, yaitu adanya anti klimaks namun jika tidak segera diobati gejala demam bisa muncul kembali.

Ciri ciri gejala penyakit tipes kambuh:

Beberapa tanda-tanda orang menderita penyakit tipes,tanda gejala penyakit tipes entah itu pada orang dewasa maupun pada anak anak, pada dasarnya penyakit tipes ini dapat menyerang semua kalangan, oleh karena itu berikut ini adalah beberapa ciri ciri gejala umum penyakit tipes diantaranya
  1. Deman disertai dengan panas yang semakin lama semakin tinggi, berlangsungnya gejala ini biasanya pada minggu ke 2 dan ke 3 selama 7-10 hari baru kemudia setelah itu turun perlahan panasnya pada minggu keempat.
  2. Nafsu makan menjadi hilang, yang pada akhirnya akan menyebabkan tubuh menjadi lemas dan berat badan turun
  3. Seluruh otot terasa nyeri
  4. Buang air besar tidak rutin , disertai sembelit dan diare
  5. Mengalami rasa sakit kepala yang sangat, badan mengigil dan keluar keringat dingin
  6. Rasa mual, muntah muntah dan perut terasa sakit
  7. Mengalami batuk dan peradangan pada cabang tenggorokan
  8. Muncul bercak mungil yang cukup banyak berwarna merah dadu di daerah dada dan perut.

Cara mencegah penyakit tipes:

Lakukan cara ini untuk mencegah terkena penyakit tipes kembali setelah sembuh dari penyakit ini. Lakukan bebrapa hal di bawah ini untuk mencegah agar tidak terkena kembali bakteri yang menjadi penyebab penyakit tipes.
  • Karena pada makanan yang telah basi terdapat bakteri yang menyebabkan tipes, maka sebisa mungkin anda harus bisa menghindarinya agar tidak mengkonsumsi makanan yang telah basi ini. Karena pada dasarnya mudah untuk mendeteksi makanan basi ini, karena tercium aroma yang tidak sedap. Dan juga apabila makanan di rumah lebih dari 1 hari tidak disimpan di kulkas,maka ada baiknya lebih baik dibuang. Karena anda tidak tahu jika makanan ini sudah terdapat bakteri.
  • Di air yang kotor juga terdapat bakteri penyebab tipes, sehingga anda juga harus menghindari air yang tergenang kotor karena di dalamnya sudah terdapat bakteri yang dapat menimbulkan penyakit tipes.
  • Jika ingin mengkonsumsi buah dan sayur, sebaiknya cuci dulu hingga bersih menggunakan sabun khusus yang digunakan untuk membersihkan sayuran. Karena jika anda mengkonsumsi buah dan sayuran tidak dalam keadaan bersih, maka masih rentan dapat terkena bakteri penyakit dari buah tersebut.
  • Perhatikan selalu cara pengolahannya saat anda ingin membeli makanan di pinggir jalan.Karena makanan di pinggir jalan lebih beresiko tinggi terdapat kuman di dalamnya,disebabkan karena banyaknya polusi di sekitar. 
  • Perhatikan dalam hal menjaga kebersihan. Dengan rajin membersihkan diri setelah bepergian dan sebelum menyentuh makanan ada baiknya mencucui tangan dengan bersih dahulu dengan sabun antiseptic pembunuh kuman. Sebab hal tersebut dapat mengurangi resiko anda terjangkit bakteri.
  • Kurang makan dan kelelahan juga bisa menjadi sebuah faktor penyebab penyakit tipes. Sebaiknya anda harus selalu mengimbangi dengan pola makan yang sehat saat anda tengah mnejalani kegiatan sesibuk apapun. Dan cukupi juga dengan istirahat yang cukp agar daya tahan tubuh tidak melemah. Karena jika daya tahan tubuh melemah, akan membuat bakteri dengan mudahnya masuk ke dalam tubuh. 
  • Agar tubuh tetap sehat maka olahraga sangat dianjurkan sebab dengan olahraga daya tahan tubuh juga akan kuat. Sehingga mampu melawan dengan mudah bakteri yang akan masuk. 

Tips pemulihan untuk tipes:

Penderita yang sudah mendapatkan perawatan biasanya tidak cepat memulihkan kesehatan tubuh seperti sedia kala dalam waktu yang cepat. Maka dilakukan perawatan rumahan untuk mempercepat proses pemulihan tersebut, beberapa diantaranya adalah perawatan untuk pemulihan tipes seperti beberapa hal berikut ini
  1. Untuk mencegah dehidrasi konsumsilah air dalam jumlah yang cukup. Air juga membantu agar tubuh kembali mendapatkan stamina dan lebih cepat sehat kembali seperti semula.
  2. Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung cabai, berbagai makanan dan bahan tambahan dari santan. Sebab beberapa makanan tersebut bisa membuat kondisi usus yang terkena tipes menjadi semakin buruk.
  3. Agar nutrisi lebih mudah diserap oleh tuubh, maka konsumsilah bubur yang dicampur dengan sayuran atau lauk lain.
  4. Hindari semua jenis minuman yang mengandung kafein dan minuman yang beralkohol agar tubuh lebih sehat.
  5. Hindari juga mengkonsumsi semua jenis prosuk susu dan susu apapu, karena usus masih dalam keaddan sensitive.

Pengobatan alami tradisional herbal penyakit tipes:

Lalu bagaimana cara mengobati penyakit tipes dengan pengobatan tradisional? Nah,daripada memilih jenis obat obatan kimia dari apotik, maka anda bisa melakukan pertolongan pertama dengan menggunakan obat gejala tipes yang lebih alami atau tradisional. Beberapa bahan untuk mengobati bisa anda coba dengan menggunakan beberapa bahan berikut ini.

Daun Keji Beling
Cara menggunakan daun kenji beling untuk mengobati penyakit tipes dengan menggunakan beberapa langkah cara seperti berikut ini.
  • Cara pertama adalah dengan menggunakan 15 lembar daun keji beling.
  • Rebuslah dedaunan tersebut dengan komposisi air 2,5 liter.
  • Rebus sampai mendidih selama kruang lebih 20 menit.
  • Setelah airnya digin kosumsilah air tersebut sebanyak 2 kali sehari sampai kodisi Anda membaik.
TogaBahan selanjutnya yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit tipes adalah dengan menggunakan toga. Cara mengolah toga untuk obat radisional penyakit tipes adalah sebagai berikut.
  • Siapkan 10 lembar daun sambiloto, temulawak sebayak 15 gram dan juga jinten hitam.
  • Cucilah semua bahan sampai bersih lalu iris menjadi potongan berukuran kecil.
  • Rebus semua campuran tersebut sampai mendidih dan konsumsi sebanyak 2 kali sehari sampai penyakit anda mulai sembuh.
Timun
Timun pun bisa digunakan untuk mengobati penyakit tipes tradisional, cara menggunakan timun yang digunakan untuk mengobati penyakit tipes ini adalah dengan cara sebagai berikut.
  • Dengan cara meminum perasan timun segar.
  • Caranya adalah dengan mencuci 3 buah timun sampai bersih, dan parut timunnya.
  • Setelah diparut, peraslah parutan timunnya dan minum air tersebut dua kali sehari selama seminggu sampai kondisi anda mulai membaik.
Kunyit
Cara menggunakan kunyit untuk mengobati penyakit tipes adalah dengan cara sebagai berikut
  • Anda bisa menggunakan ramuan yang terdiri dari 3 rimpang kunyit segar, 2 lembar daun sambiloto dan 2 bonggo serai.
  • Tumbuk semua bahan tersebut lalu seduh dengan air yang hangat.
  • Minumlah secara rutin selama kurang lebih satu minggu.
Obat tradisional penyakit tipes yang lainnya adalah cacing, tetapi tentunya anda akan merasa jijik dengan cacing tanah apabila anda mmebuat ramuannya sendiri. Namun yang paling penting konsultasikan juga kesehatan anda pada dokter untuk ditangani lebih lanjut.

Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Tipes & Obat Herbalnya | Unknown | 5