Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Paru Paru & Obat Herbalnya



Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Paru Paru & Obat Herbalnya

Ciri ciri gejala penyakit paru paru basah:

Batuk yang tiada berhenti adalah salah satu ciri ciri gejala paru paru basah yang paling umum.Sebab batuk merupakan indikasi dari adanya suatu infeksi baik di tenggorokan maupun di paru paru.Penyakit paru paru basah bisa makin bertambah parah apabila ciri ciri paru paru basah sudah terlihat namun justru dibiarkan, maka yang terjadi penyakit paru paru basah malah bertambah parah dan kronis.

Perlu anda ketahui tentang seputar penyakit paru paru basah, dimana penyakit ini terjadi karena adanya suatu peradangan di paru paru dan biasanya terjadi akibat kontaminasi. Dimana 3 penyebab umumnya adalah virus,bakteri dan jamur. Penyakit paru paru basah bisa juga menyerang anda disaat secara tidak sengaja menghirup cairan atau bahan kimia. Pada usia 65 tahun lebih memiliki peningkatan resiko terkena paru paru basah atau anak di bawah usia 2 tahun, atau bisa juga bila memiliki kondisi kesehatan yang buruk juga bisa rentan terkena penyakit paru paru basah ini.

Ciri gejala yang terlihat saat anda mengidap radang paru paru adalah anda akan menglami kesulitaan saat bernafas, dan bisa juga dengan batuk serta demam.Perlu dilakukan segera pemeriksaan fisik agar mengetahui apakah anda terkena penyakit paru paru basah atau tidak saat terlihat gejala tersebut. Pemeriksaan dilakukan dnegan rotgen dada dan tes darah yang bisa membantu mengetahui adanya suatu kelainan atau tidak. Pengobatan penyakit ini juga tergantung tergantung pada apa yang membuat anda sakit. Jika penyebab paru paru basah adalah suatu bakteri,maka antibiotic dapat membantu menyembuhkan pernyakit ini tentunya dengan ditambahkan istirahat yang cukup dan minum cairan

Mencegah tentunya lebih baik daripada mengobati. Langkah terbaik untuk mencegah dari terkena penyakit paru paru basah adalah dengan sering mencuci tangan setelah melakukan kegiatan, tidak merokok, dan mengenakan masker saat dirasa sedang membersihkan daerah area yang berdebu atau berjamur karena sangat rentan terkena asap tidak sehat.

Beberapa ciri ciri gejala paru paru basah yang bisa anda ketahui adalah beberapa diataranya adalah batuk yang sangat berkepanjangan, demam disertai batuk yang berlendir, nafas menjadi susah, nafsu makan berkurang, dan berkurang drastis berat badan.

Pengobatan paru paru basah tergantung pada jenisnya, seberapa parah gejala yang sudah ditimbulkan kemudian bagaimana kesehatan anda saat ini dan juga usia anda. Untuk paru paru basah bakteri, maka dokter akan meresepkan obat antibiotik.Gejala utama mungkin hanya terlihat beberapa hari,meskipun bauk membutuhkan waktu beberapa minggu. Dan pastikan untuk mengikuti petunjuk dokter secara hati hati dalam mengambil salah satu resep obat yang diberikan dokter. Jika anda mengidap paru paru basah di awal, maka disarankan untuk banyak istirahat dan minum.

Penyebab penyakit paru paru basah:

Untuk menghindari penyakit paru paru yang kronik tentunya kita harus mengetahui gejala paru paru basah terlebih dahulu. Paru paru basah dalam bahasa kedoterannya disebut pheumonia yang artinya infeksi atau peradangan yang disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur yang terjadi pada paru paru. Banyak orang yang menganggap remeh penyakit ini dikarenakan gejala gejalanya yang tidak terduga.

Virus, bakteri dan jamur yang ada di sekitar kita bisa akan menjadi penyebab terkena paru paru basah. Jadi jika tidak memperhatikan kesehatannyadengan baik, maka semua orang bisa saja menderita penyakit ini. Bakteri masuk ke dalam tubuh melalui pernafasan dan akan menyebabkan infeksi pada paru paru nantinya. Nah, bakteri inilah yang menjadi sumber penyebab paru paru basah.

Untuk mengetahui apa saja ciri ciri gejala paru paru basah beberapa diantaranya adalah telapak kaki dan tangan terasa dingin dan basah / keluar keringat, kemudian sesak nafas disertai batuk dan dahak, dan yang terakhir dada terasa sakit saat batuk

Usahakan penderita paru paru basah jangan terlalu sering berada di luar rumah,terutama malam hari guna pengobatan alami terhadap gejala paru paru basah.Sebab saat berada di luar rumah pada malam hari dan begadang merupakan faktor tertinggi yang menyebabkan terkena paru paru basah. Dan anda juga dapat mengkonsumsi buah manggis karena buah manggis mengandung anti oksidan, vitamin dan mineral.

Baca juga : Manfaat kulit manggis mastin untuk kesehatan & kecantikan

Apakah anda juga sering terbiasa menggunakan kipas angin di dalam kamar? Sebaiknya segeralah berhenti menggunakannya. Sebab angin yang berhembus ke badan pada malam hari dan terlalu sering akan memberikan dampak negatif. Di samping itu setelah memakai kipas angin tubuh anda akan terasa agak panas dan ingin bersin.

Salah satu cara untuk mencegah penyakit paru paru basah adalah dengan melakukan olahraga. Dengan keluarnya keringat saat melakukan olahraga dapat mengurangi resiko penyakit paru paru basah tersebut. Hal ini bisa anda bandingkan sendiri setelah sering melakukan olahraga atau sebelum melakukan olahraga. Olahraga yang teratur akan membuat tangan dan kaki yang sebelumnya sering mengeluarkan keringat, akan berkurang keringatnya dan tangan akan menjadi lebih kering.

Berhentilah merokok sekarang juga,karena rokok mengandung banyak sekali racun bagi paru paru.Jika penyakit paru paru basah anda masih terus berlanjut, maka segeralah periksakan diri anda ke dokter sebelum terjadi hal yang lebih parah lebih lanjut.

Ciri ciri gejala penyakit paru paru basah pada bayi / balita:

Pada usia dan penyebabnya, gejala penyakit paru paru basah pada anak bermacam macam . Ada beberapa gejala umum yang terdapat pada penderita paru paru basah, diantaraya seperti berikut ini.
  1. Gejala biasanya diawali dengan deman yang disertai batuk dan pilek, sakit kepala dan hilang nafsu makan.
  2. Kemudian pada perkembangan berikutnya akan timbul 2 gejala utama yaitu nafas menjadi cepat dan sesak.
  3. Pada anak usia kurang dari 2 bulan, ciri ciri gejalanya adalah nafasnya menjadi lebih cepat 60 kali per menit. Jika usianya antara 2 – 12 bulan, nafasnya lebih cepat dari 50 kali per menit. Sedangkan jika anak berusia 1 – 5 tahun, kecepatan nafasnya menjadi 40 kali per menit.
  4. Kategori sesak nafas dilihat dengan nafas pendek serat hidung kembang kempis
  5. Pada kasus yang terjadi saat paru paru basah berat, terlihat dari adanya tarikan dinding dada bagian bawah ke dalam (TDDK), disertai kejang, penurunan kesadaran dan suhu tubuh
Jika anda orang tua yang memilki anak mengalami ciri gejala paru paru basah bisa mencoba melakukan perhitungan nafas ini di rumah, untuk penentuan awal apakah anak anda mengalami nafas cepat atau tidak. Jika memang anak anda mengalami sesak nafas cepat segera larikan ke dokter jika tidak akan menjadi fatal akibatnya.

Penderita penyakit paru paru basah tidak selalu dirawat:

Jika anak anda memiliki ciri gejala paru paru basah sebenarnya orang tua tidak perlu khawatir membawa anak anda ke dokter atau rumah sakit. Tidak semua anak dengan peneumonia harus dirawat di rumah sakit. Anak masih bisa dirawat di rumah jika masih tergolong ringan. Cukup hanya dengan pemberian obat antibiotic pilihan dengan dosis tepat dan teratur, maka dalam 1-2 minggu anak bisa sembuh tergantung dari imunitasnya.

Efek jangka panjang bisa terjadi kerusakan organ di paru paru apabila pengobatan yang dilakukan tidak optimal dan maksimal. Namun jika terlihat gejala paru paru basah makin memburuk maka orang taua harus segera membawa anaknya kembali di rumah sakit agar ditangani lebih lanjut.

Tetapi bagi anak anda jika berusia lebih dari 2 tahun terkena paru paru basah, maka harus segera dirujuk ke rumah sait dalam waktu cepat. Sebab dapat berkembang beresiko tinggi menjadi penyakit berat, bahakan menuju kematian. Untuk itulah waspadai agar penyakit paru paru basah tidak menyerang anak anda, sebab jika tidak segera ditanggulangi maka penyakit parah akan semakin menghampiri.

Baca juga : Perlu diketahui penyebab,ciri ciri gejala penyakit asma & obat herbalnya.

Penyakit paru paru basah menular atau tidak?

Yang sering mnejadi pertanyaan adalah penyakit paru paru basah tersebut menular atau tidak? Secara penjelasan tentang penyakit paru paru basah yaitu suatu penyakit dimana paru paru terisi lebih banyak cairan, sehingga paru paru tidak bisa bekerja dengan baik. Di Indonesia sendiri istilah paru paru basah sering digunakan ahli medis dan dokter untuk merujuk pada kelainan di dalam organ paru paru. Dimana terjadi peradangan pada organ tersebut, sehingga paru paru terisi cairan radang. Oleh sebab itulah sering disebut dengan penyakit paru paru basah.

Ciri ciri gejala penyakit paru paru basah pada remaja:

Ciri gejala penyakit paru paru basah hampir sama dengan penyakit yang menjakit organ pernafasan pada umumnya.
  • Batuk-batuk yang terkadang disertai dahak atau bahkan darah
  • Demam
  • Sesak nafas
  • Mengi (nafas yang mengeluarkan bunyi seperti “ngik-ngik”)
  • Dada terasa nyeri
  • Badan semakin kurus karena turunnya berat badan
  • Dan lain sebagainya
Banyak masyarakat tanah air yang mengaitkan penyebab penyakit paru paru basah ini dengan kebiasaan yang biasa dilakukan beberapa orang seperti sering keluar malam, kebiasaan begadang malam hari, tidur pada tempat yang cenderung dingin, berkendara di malam hari, kebiasaan mandi di malam hari atau terlalu sernya menggunakan kipas angin.Memang ada kaitannya sedkit,tetapi bukan berarti kebiasaan kebiasaan tersebut yang menjadi penyebab langsung terkena penyakit paru paru basah ini.

Beragam penyebab yang sebenarnya dapat membuat kita terjangkit penyakit ini, mulai dari infeksi, adanya tumor dan sebab lainnya misalnya trauma pada benturan dada. Banyak yang merujuk ke pernyakit pernafasan yaitu tuberculosis saat berbicara mengenai paru paru basah. Jika memang penyakit tersebut adalah penyakit TBC, lebih tepatnya yaitu tuberculosis baru, memang penyakit TBC ini menular. Penyakit TBC dan beberapa penyakit lainnya yang melalui media udara memang menular. Meski demikian, belum tentu juga bahwa penyakit paru paru basah adalah penyakit TBC.

Menular atau tidaknya penyakit paru paru basah ini tergantung pada penyebabnya seperti yang telah dijelaskan di atas. Apabila penyakit ini disebabkan oleh tumor atau trauma maka jelas tidak menular. Beberapa para dokter dan ahli pun mengidentifikasi penyakit ini sebagai penyakit yang tidak menular. Namun apabila yang menjadi penyebabnya adalah infeksi bakteri,jamur,atau virus maka penyakit ini dapat menjadi penyakit yang menular seperti penyakit TB Paru dan Pneumonia atau radang paru paru atau penyakit pernafasan lainnya.

Penyakit TBC dan pneumonia mempunyai kaitan, yaitu penderita akan mengalami batuk dahak dan darah,sesak nafas serta dada nyeri ketika terjangkit paru paru basah. Hal tersebut disebabkan karena masuknya cairan dalam darah sehingga terjadi peradangan atau infeksi pada paru paru pada organ pulmonary alveolus dalam paru paru yang memiliki fungsi mengikat oksigen.

Baca juga : Perlu diketahu ciri ciri gejala penyakit TBC  & obat herbalnya.

Penyakit ini pun dapat memicu adanya pulmonary edema, yaitu terjadinya suatu kondisi pembengkakan pada paru paru yang disebabkan oleh masuknya cairan dalam darah yang memenuhi organ paru.

Hal yang dapat mempermudah terjangkitnya penyakit paru paru basah yang disebabkan oleh infeksi bakteri adalah tingkat kelembapan yang tinggi dan turunnya daya tahan tubuh. Lakukan pencegahan agar tidak terkena penyakit ini, dengan cara memulai pola hidup yang sehat dan terutama adalah hindari begdang malam hari, tidak merokok, olahraga dan tidur yang cukup. Bisa ditambahkan juga dengan makan makanan yang bergizi serta menghindari kebiasaan meludah di sembarang tempat serta menutup mulut dan hidung ketika bersin. Dengan cara yang sederhana tersebut anda dapat mencegah penyebaran virus yang menjadi penyebab infeksi radang paru.

Obat herbal penyakit paru paru basah:

Pengobatan tradisional atau obat herbal untuk paru paru basah dengan menggunakan 4 tanaman herbal berikut ini.Mengobati penyakit paru paru basah secara alami menggunakan obat tradisional.Beberapa cara pengobatan tradisional untuk mengobati penyakit paru paru basah secara alaminya dapat dengan menggunakan beberapa tanaman tumbuhan alami berikut ini.
  1. Tanaman Ciplukan
    Cara menggunakan tanaman ceplukan untuk pengobatan paru paru basah adalah sebagai berikut, dimana tanaman ini sangat mudah ditemukan kebun atau ladang. Untuk menggunakannya adalah bagian selain buahnya. Cuci terlebih dahulu, kemudian rebus dengan air hingga mendidih. Minum airnya saat dingin sebanyak 3 kali dalam sehari. Setiap kali minum sebanyak 1 gelas.
  2. Kulit Kacang Tanah
    Sediakan dahulu 27 gram kulit kacang tanah dan gula merah seperlunya. Rebus Kulit kacang tanah hingga air keruh. Saring lalu tambahkan gula merah. Minum ramuan tradisional ini sewaktu hangat sebanyak 2 kali dalam sehari. Lakukan seperti pada daun pegagan.
  3. Daun Pegagan
    Sediakan bahan berupa 29 gram daun pegagan dan 15 gram jahe. Iris tipis-tipis kedua bahan, lalu masukkan ke dalam 500 cc air. Rebus sampai air tersisa separuh dari semula. Segera minum selagi hangat sebanyak 2 kali sehari. Lakukan cara ini selama 2 minggu, kemudian berhenti dalam 3 hari. Anda dapat membuatnya lagi setelah itu.
  4. Bunga Sepatu
    Sediakan 2 kuntum Bunga sepatu dan garam secukupnya. CUci bunga terlebih dahulu, kemudian ditumbuk hingga halus. Masukkan segera ke dalam segelas air, tambahkan garam. Saring setelah dingin. Minum obat alami ini tiap pagi, siang dan malam.

Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Paru Paru & Obat Herbalnya | Unknown | 5