Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Meningtis & Obat Herbalnya



Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Meningtis & Obat Herbalnya

Apa itu penyakit meningtis:

Penjelasan berikut ini bisa membantu anda dalam mengetahui apa itu penyakit meningtis yang sangat berbahaya bagi manusia. Penyakit meningtis ini dapat dikategorikan sebagai penyakit serius yang segara memerlukan penanganan, dikarenakan letak penyakit ini berada dekat dengan otak dan sumsum tulang belakang manusia. Sehingga nantinya dapat merusak gerak,pikiran dan bahkan berujung fatal pada kematian.

Meningtis adalah gejala peradangan yang mengenai lapisan selaput pelindung jaringan otak dan sumsum tulang belakang yang menimbulkan eksudasi berupa pus atau serosa yang disebabkan oleh virus atau bakteri.Penyakit meningitis ini dapat disebabkan juga oleh mikroorganisme,jamur,kanker,luka fisik ataupun obat obatan tertentu yang dikonsumsi oleh pasien sehingga parasit menyebar ke dalam darah dan melebur ke cairan otak.

Bagi pasien yang menderita penyakit meningtis segera dianjurkan agar melakukan pemeriksaan yang lebih lanjut., baik meningtis yang diderita yang disebabkan oleh virus,jamur maupun bakteri. Hal ini sangat diperlukan untuk tindakan selanjutnya dalam pengobatan, karena masing masing penyakit meningtis akan mendapatkan terapi sesuai dengan penyebab dan jenisnya.

Tanda ciri ciri gejala penyakit meningtis:

Waspadai dan kenali gejala penyakit meningtis (radang selaput otak) serta penyebab dan pencegahannya.Penyakit meningtis ini mejadi perbincangan banyak orang saat publik digencarkan dengan penyakit radang selaput otak atau meningtis yang menyerang komedian Olga Syahputra. Banyak yang lebih menjadi bertanya tanya, sebenarnya jenis penyakit apakah meningtis ini? Mengapa bisa menjadi snagat kronis dan berbahaya sangat menyerang manusia, karena berhubungan dengan organ vital utama yaitu otak dalam tubuh manusia.

Ciri ciri gejala awal penyakit meningtis:

Penyakit meningitis bisa dikatakan tidak mudah untuk menemukan ciri dan gejalanya.Kebanyakan orang sering kebingungan dengan tanda tanda ciri awal gejala meningtis tersebut. Bahkan, mungkin bisa saja meningtis datang melalui penyakit ringan seperti flu atau infeksi.Oleh karena itulah harus lebih waspada dan mempelajari tanda atau gejala penyakit meningitis agar dapat diambil tindakan secara cepat, agar dapat membantu menyelamatkan hidup penderita penyakit ini.

Bakteri yang berkembang dalam hitungan beberapa jam atau hari bisa menimbulkan gejala meningitis.
Beberapa ciri dan gejala penyakit meningitis yang lebih umum bisa dilihat seperti berikut. Dan umumya tidak semua gejala dapat muncul dalam urutan yang sama. Demam, sakit kepala, dan leher adalah ciri awal gejala meningitis.

Faktor penyebab utama penyakit meningtis:

Penyakit meningtis ini adalah penyakit yang bertempat di bagian otak, lebih tepatnya ada sebuah gejala peradangan otak yang menyebabkan terjadinya infeksi pada cairan yang mengelilingi selaput otak. Penyebab utama penyakit meningtis ini adalah sebuah virus, dan jika dibiarkan begitu saja yang terjadi adalah menyerang otak yang dapat berakibat berkurangnya daya ingat, berkurangnya kemampuan pendengaran dan terakhir bisa menyebabkan kematian. Tentunya hal ini sangat tidak kita harapkan, Lalu apakah kita bisa sembuh dari penyakit meningtis ini yang menjadi pertanyaan utamanya. 

Menurut beberapa studi khasus, ada beberapa orang yang berhasil sembuh dan pulih dari penyakit mematikan ini. Tentu saja hal tersebut didukung dengan diagnosa yang mendalam tentang penyebab penyakit meningtis ini sehingga bisa dilakukan penyembuhan dan pencegahan lebih tersebarnya virus ke berbagai bagian di otak. Setelah adanya suatu diagnosa yang tepat dan akurat baru kemudian dilakukan suatu metode terapi agar virus meningtis ini hilang.

Baca juga : Ketahui penyebab,ciri ciri gejala penyakit kanker otak  & obat herbalnya.

Ciri ciri gejala penyakit meningtis pada anak:

Pada bayi yang baru lahir, tanda dan gejala penyakit meningtis meliputi :
  • Memiliki sifat yang lekas marah
  • Menangis bernada tinggi
  • Pola makan yang buruk
  • Muntah
  • Sakit Demam
  • Kejang
  • Ubun-ubun menonjol atau leher kaku 

Ciri ciri gejala penyakit meningtis pada orang dewasa:

Pada anak-anak dan orang dewasa, tanda dan gejala meliputi berikut ini:
  • Demam tinggi
  • Sakit kepala parah
  • Muntah atau mual
  • Leher kaku
  • Kepekaan terhadap cahaya
  • Kantuk
  • Ruam pada kulit
  • Kebingungan
  • Kejang
  • Kehilangan kesadaran 

Tanda tanda atau gejala lain selain berubahnya keadaan mental dan kondisi tubuh yang menjadi lemah mungkin tidak dimiliki oleh orang dewasa yang lebih tua dan mereka seringkali tidak demam. Dan beberapa ciri ciri gejala penyakit meningtis yang telah memasuki aliran darah tambahan beberapa diantaranya
  • Warna kulit yang tidak normal
  • Kram perut
  • Tangan dan kaki dingin
  • Sakit otot atau nyeri sendi
  • Napas cepat
  • Panas Dingin
Dan apabila anda menemui saudara atau orang terdekat anda mengalami beberapa gejala yang disebutkan di atas, maka sebaiknya memeriksakan diri sebelum terlambat. Konsumsi makanan yang sehat dan pola hidup yang teratur agar dapat terhindar dari penyakit meningtis ini.

Jenis-jenis penyakit meningitis:

Dilihat dari jenisnya ada 2 jenis utama penyakit meningtis yakni :
  1. Menistis viral
    Penyakit meningtis viral ini biasanya tidak menyebabkan penyakit serius. Penyakit meningtis jenis ini dapat menyebabkan panas demam berkepanjangan disertai dengan kejang kejang jika dalam kondisi parah.
  2. Meningtis bakteri
    Tidak bisa dianggap sepele untuk penyakit meningitis bakteri ini, sebab meningtis yang disebabkan oleh bakteri begitu serius dan harus segera mendapatkan perawatan dan pengobatan untuk mencegah kerusakan otak dan bagian tubuh yang saat berkelanjutan dapat beresiko menyebabkan kematian.

Penyebab timbulnya penyakit meningitis:

Pada dasarnya paparan virus tidak berbahaya yang menyebabkan penyakit meningtis ini, dan akan pulih dengan pengobatan dan perawatan yang spesifik. Hanya saja, jenis meningtis yang disebabkan oleh bakteri memiliki resiko yang lebih serius, seperi misalkan kerusakan yang terjadi pada otak, berakibat hilangnya kemampuan belajar, berkurangnya kemampuan dalam mendengar dan bahkan dapat menyebabkan resiko kematian. Sedangkan untuk meningtis yang disebabkan oleh jamur, justru sangat jarang terjadi. Untuk jenis penyakit ini umumnya diderita oleh pasien yang menderita kerusakan dalam sistem daya tahan tubuh seperti penderita HIV AIDS

Tanda dan gejala yang muncul pada pasien yang menderita meningtis:

Pada pasien usia remaja dan dewasa yang menunjukkan ciri dan tanda gejala penyakit meningtis yang umum adalah pada leher terasa kaku dan sakit, hal tersebut dirasakan disaat mencba untuk menempatkan dagu pada bagian dada. Dan demam,kejang,muntah serat kepala terasa nyeri dan bahkan sampai hilangnya kesadaran adalah beberapa hal yang mungkin ditimbulkan berikutnya.

Sementara itu orang yang memiliki riwayat medis yang bermasalah baik anak anak maupun orang dewasa mungkin memiliki gejala penyakit meningtis yang berbeda beda. Pada bayi, gejala yang dikenali akan sangat sulit, karena pada umur seperti bayi belum bisa menunjukkan detail ekspresi, hanya hal yang sama yaitu bayi menjadi rewel dan tidak mau makan, sehingga sangat sulit mengetahui ciri ciri nya, timbulnya ruam pada saat disentuh akan membuat bayi menangis.

Sementara itu ciri gejala penyakit meningitis pada anak mirip seperti flu, dmana dapat berupa kesulitan bernafas atau batuk. Sedangkan pada orang dewasa ciri gejala penyakit meningitis ini pada orang yang memiliki riwayat medis bermasalah hanya berupa sakit kepa yang juga disertai dengan demam.

Apakah penyakit meningtis ini menular?

Jika muncul pertanyaan apakah penyakit meningtis ini menular? Maka jawabannya adalah ‘iya’, penyakit meningtis dapat menular dan penularan penyakit ini tergolong mudah. Biasanya disebabkan oleh mikroorganisme, virus, bakteri dan jamur. Keluhan tubuh bisa menjadi lebih fatal apabila jika penyakit ini tidak disembuhkan sejak dini, diantaranya adalah tuna ganda seperti gangguan mental dan lumpuh. Penularan penyait meningtis ini melalui beberapa media seperti melalui ludah saat bersin dan ingus yang biasanya dilakukan saat tertawa atau berbicata. Dan media lainnya yang bisa menjadi media penularan adalah pada gelas, piring, dan peralatan makan yang pernah digunakan oleh penderita. Selain itu handuk dan tisu pun bisa juga menjadi media penularan dan oleh sebab itulah sebaiknya tetap berhati hati agar tidak tertular penyakit.

Penanganan penyakit meningtis:

Sebaiknya pasien mendapatkan penanganan medis oleh dokter jika gela gejala di atas dirasakan. Fungsi lumbal merupakan tes laboratorium yang sangat penting untuk menangani penyakit meningtis, dan hal ini bisanay disebut dengan spinal tap.Pada nantinya pemeriksaan dilakukan lebih mendalam kepada pasien, pada pasien sampel cairan akan diambil dari dalam tulang belakang dan kemudian akan diuji dan diperiksa apakah mengandung organisme yang menyebabkan penyakit. Selain itu akan juga dilakukas tes lainnya seperti tes darah, CT scan dan masih banyak beberapa lagi.

Pencegahan penyakit meningtis:

  1. Menjaga dan meningkatkan kebersihan
    Dengan meningkatkan tingkat kebersihan dapat mencegah transmisi penyakit meningtis ini diantara orang orang dengan resiko infeksi dan diantara mereka yang mungkin saja menyebarkan penyakit ini. Namun hal yang paling penting adalah dengan selalu menjaga kebersihan tangan, sebab tangan adalah media yang paling rentan sekali untuk menularkan bakteri dan virus. Oleh karena itu biasakan selalu mencuci tangan dengan menggunakan sabun antikuman dan bilas dengan menggunakan air bersih yang mengalir.
  2. Hindari berbagai macam peralatan
    Jangan menggunakan berbagai macam peralatan yang pernah digunakan leh si penderita penyakit meningtis, seperti piring,gelas,sedotan handuk dan peralatan lainnya sebab dapat dengan mudah menyebarkan bakteri meningtis. Untuk itulah sangat disarankan menghindari menggunakan peralatan yang sama agar terhindar dari penularan penyakit meningtis ini.
  3. Selalu menutup hidung saat bersin
    Saat sedang bersama sama dengan si penderita penyakit meningtis ini komsumsi selalu antibiotic, sebab hal ini merupakan suatu pencegahan terhadapap begitu mudahnya penularan virus meningtis ini.
Pada dasarnya meningtis atau selaput radang otak adalah penyakit menular. Penularan kuman dari satu orang ke orang lainnya dapat ditularkan melalui pada saat batuk dan kontak pada jarak yang dekat.Untuk itu jika muncul gejala penyakit meningtis ini segera periksakan diri ke dokter, sebab hanya dokter yang mampu memastikan apakah penyebab penyakit meningtis yang sedang diderita dan jenisnya. Dan penanganan theraphy penyakit meningtis ini berbeda satu sama lainnya. Untuk itulah pengetahuan lengkap mengenai penyakit meningtis atau radang selaput otak ini perlu anda ketahui secara lengkap.

Obat herbal tradisional penyakit miningtis:

Pengobatan tradisional atau obat herbal untuk penyakit meningtis dapat anda baca selengkapnya berikut ini.Cara mengobati penyakit meningtis alami tradisional dan tanpa efek samping bisa anda lakukan dengan beberapa hal seperti penjelasan berikut ini.Meningtis dikenal dengan penyakit yang memiliki tingkat bahaya cukup mematikan, namun gejala awal yang sulit untuk dideteksi membuat banyak orang ketakutan terjangkit penyakit yang satu ini. Terlebih penyakit meningtis ini bisa menyerang siapa saja dan semua kalangan baik anak anak maupun dewasa.

Penyakit ini dapat menyebabkan akibat yang serius bagi para penderitanya, karena menyerang otak yang sangat halus beserta peranannya dimana fungsi otak ini sebagai organ vital paling penting dalam tubuh.Penyakit yang disebabakan karena bakteri dan virus ini merupakan jenis penyakit yang membutuhkan penanganan cepat. Sebab bukan hanya disebabkan karena bakteri atau virus saja, adanya luka tembus di kepala, seperti orang yang sering mengkonsumsi obata obatan tertentu, maupun orang yang sering mengkonsumsi alcohol juga merupakan faktor utama penyebab penyakit meningtis ini. Dimana cara mengobati penyakit meningtis secara alami dan tanpa efek samping bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi jus kulit manggis atau daun sirsak yang dikenal memiliki khasiat dan kelebihan yang alami. Saat ini pun banyak dijual obat tradisional yang merupakan perpaduan ekstrak kulit buah manggis dan daun sirsak yang memiliki khasiat luar biasa untuk terapi pengobatan penyakit meningtis.

Baca juga : Beberapa manfaat kulit buah manggis untuk kesehatan & kecantikan.

Beberapa manfaat jus kulit buah manggis untuk mengobati radang selaput otak atau meningtis ini secara alami adalah sebagai berikut paparannya.
  • Mampu memberikan kekebalan pada tubuh karena mengandung iksidan yang cukup tinggi sehingga bisa melawan bakteri atau virus penyebab penyakit ini. Sebab mengandung bahan alami dan tradisional sehingga tidak ada efek samping yang ditimbulkan dalam mengkonsumsi obat alami ini.
  • Dapat mengurangi peradangan karena memiliki kandungan anti inflamasi yang diderita oleh otak manusia pada penyakit meningtis. Dengan begitu diharapkan dengan mengkonsumsi obat tradisional ini secara bertahap dapat berkurang dengan sendirinya rasa perangan tersebut.
Sedangkan manfaat dan khasiat daun sirsak alami untuk mengobati selaput radang otak atau meningtis ini adalah daun sirsak akan membantu mengobati kanker atau penyakit yang bersarang dalam tubuh, sehingga penyakit meningtis tidak akan berkembang menjadi lebih berbahaya lagi.

Cara mencegah penyakit miningtis:

Tentunya mencegah lebih baik daripada mengobati, dan beberapa cara untuk mencegah penyakit meningtis dan meminimalisir terkena penyakit tersebut. Pencegahan terhadap penyakit meningtis ini mulai banyak dicari oleh masyarakat umum sekarang ini baik melalui media cetak, elektronik maupun online. Beberapa pertanyaan yang ditanyakan adalah seputar apakah benar bisa mencegah penyakit meningtis ini? Lalu cara apakah yang dilakukan agar dapat terhindar dari penyakit mematikan ini? Berikut bisa anda temukan dengan cara apa saja agar dapat terhindar dari penyakit mematikan ini.
  • Melakukan vaksinasi
    Menghindari penyakit meningtis ini bisa dilakukan dnegan cara vaksinasi atau imunisasi. Biasanya vaksinasi ini akan dilakukan pada saat akan melakukan ibadah haji di daerah arab Saudi, sebab daerah tersebut adalah endemic dari virus meningtis. Namun anda pun bisa melakukan vaksinasi pencegahan ini tanpa harus ke luar negeri terlebih dahulu dengan cara melakukan vaksinasi meningtis.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
    Untuk melawan bakteri atau virus yang menyebabkan meningtis, tentunya dengan meningkatkan kekebalan tubuh adalah peran yang paling utama. Sebab jika tubuh memiliki kekebalan yang rendah atau kekebalan tubuh sedang menurun, maka dengan segera berusahalah untuk memulihkannya. Karena bakteri atau virus penyebab meningtis ini sangat mudah menyerang manusia saat daya tahan tubuh lemah.
  • Hindari kontak langsung dengan penderita
    Jika anda memiliki sebuah luka yang terbuka maka anda harus waspada sebab penyakit meningtis ini bisa menular dengan mudah, karena luka bisa menjadi jalan masuk virus atau bakteri penyebab penyakit meningtis ini, selain kontak langsung atau bersentuhan dengan penderita. Jika seseorang memiliki kecenderungan mewarisi penyakit ini juga akan dengan mudah terinfeksi juga penyakit mematikan ini.

Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Meningtis & Obat Herbalnya | Unknown | 5