Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Maag & Obat Herbalnya



Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Maag & Obat Herbalnya
Penyakit maag adalah penyakit yang menyerang organ tubuh bagian lambung. Jika seseorang mempunyai tingkat asam lambung tinggi dalam waktu yang lama, maka akan beresiko menjadi penyebab penyakit maag. Sehingga akan terjadi radang pada lambung dan mengakibatkan penderita akan mengalami rasa sakit yang disertai rasa mulas dan perih. Nyeri dan perih yang dirasakan spontan tiba tiba muncul dan kemudian langsung hilang. Sakit maag ini sering terjadi karena cenderungnya salah mengatur waktu dan pola makan yang benar, selain itu juga kirian dan tekanan yang berakibat stress juga sering menjadi pemicu munculnya sakit maag ini.

Penyakit maag ini juga sering disebut dengan gastritis dimana suatu keadaan kesehatan yang terjadi pembengkakan, peradangan atau iritasi pada bagian lambung. Penyakit ini sering dianggap remeh bagi para penderitanya, faktanya penyakit maag pun juga dapat menjadi kronis dan berbahaya jika tidak segera ditangani lebih lanjut. Pengobatan sederhana terhadap penyakit maag ini bisa dimulai dengan cara pola hidup yang sehat, namun bila sudah kronis maka perlu dilakukan pengobatan lebih lanjut bisa dengan obat tradisional maupun pengobatan dari dokter

Bagi para penderita penyakit maag hendaknya lebih menjaga lagi asupan makanan yang masuk yang bisa menjadi kambuhnya sakit maag anda. Penjelasan tersebut dapat anda baca dengan lengkap mengenai apa saja hal hal yang menjadi pantangan para penderita penyakit maag, apa sajakah yang menjadi penyebab penyakit maag ini dan bagaimana cara mengobati penyakit maag secara alami tradisional.

Secara garis besar ( umum ) penyakit maag di kelompokkan menjadi 2 jenis:

1. Penyakit Maag Gastritis Akut
Penyakit maag akut selama ini belum di ketahui secara jelas penyebab nya. Namun, penyakit maag gastritis akut ini di tandai dengan timbul nya nyeri, bengkak dan suhu tubuh yang naik ( panas ). Inflamasi mikro organisme yang menyerang pada organ lambung, menimbulkan gangguan organ dalam tubuh khusus nya lambung.

2. Penyakit Maag Gastritis Kronis
Tanda – tanda dari penyakit maag gastritis kronis sam persis dengan tanda yang di rasakan oleh penderita penyakit maag gastritis akut, yang membedakan nya adalah timbulnya gangguan tertentu pada organ tubuh khusus nya lambung, yang semula dari tipe akut menjadi tipe kronis ( penyakit maag gastritis kronisa ).

Ciri ciri gejala penyakit maag akut dan kronis:

Berikut ini adalah ciri ciri penyakit maag kronis yang harus anda ketahui.Penyakit maag kronis mempunyai gejala atau ciri ciri yang tidak bisa dianggap remeh lagi, oleh karena itu perhatikan dengan baik ciri ciri maag kronis berikut ini
  • Perut terasa sakit di ulu hati
  • Muncul rasa mual mual disertai rasa ingin muntah
  • Lidah terlapisi lender tidak tipis dan disertai bau nafas tidak sedap
  • Sering bersendawa terus menerus terutama saat keadaan lapar
  • Rasa kenyang sewaktu sedang menyantap makanan, sehingga menimbulkan rasa susah dalam menghabiskan makanan yang sedang disantap
  • Timbul asa sakit nyeri yang hebat, rasa nyeri muncul pada ujung bawah tulang dada serta pusar bagian tersebut adalah tempat epigastrum
  • Rasa tidak nyaman seperti rasa terbakar dan panas di bagian epigastrium
  • Perut terasa nyeri,pedih,kembung dan sesak pada bagian atas perut, sehingga mengakibatkan nasu makan menurun drastis, disertai dengan wajah pucat,keringat dingin, pusing.
  • Sulit tidur karena gangguan rasa sakit pada daerah perut sebelah atas (ulu hati)
  • Ulu hati / perut bagian atas sering terasa nyeri disertai rasa yang amat perih, dan diselingi dengan nafas sesak dan perut kembung.
  • Kepala terasa pusing, suhu badan naik dan sulit untuk tidur dan keluar keringat dingin.
  • Penderita radang lambung yang sudah terlalu parah juga dapat mengalami pendarahan pada lambung, sehingga ketika penderita muntah,maka akan mengeluarkan darah berwarna kehitaman seperti kopi. Dimana radang lambung yang sudah kronis ini dapat menimbulkan kematian. 

Penyebab Penyakit Maag:

  • Pola makan yang salah ( telat makan dan makan tidak teratur )
  • Kebiasaan minum – minuman baralkohol
  • Pola tidur yang salah
  • Kebiasaan merokok
  • Stres
Faktor penyebab utama yang bisa menimbulkan maag atau asam lambung adalah akibat strees berkepanjangan. Sering kali hal ini dianggap sepele atau tidak penting sama sekali, namun faktanya faktor utama pemicu penyakit maag adalah rasa tekanan atau strees, yang bisa diakibatkan suatu permasalahan tertentu ataupun karena tekanan di tempat kerja. Dan penggunaan kokain serta mengkonsumsi minuman kerasa dan merokok juga dapat menyebabkan penyakit maag hingga kronis.Penyakit maag juga bisa disebabkan karena adanya bakteri atau penyakit tertentu yang berada di dalam tubuh. Untuk itu jauhilah hal hal yang dapat memicu terjadinya sakit maag dan sellau menjaga pola hidup yang sehat agar bisa terhindar dari penyakit maag kronis yang berbahaya.

Baca juga : Manfaat temulawak untuk wajah, kesehatan & obat lambung.
 

Gejala dari penyakit maag:

  • Perut dan bagian dada sering terasa nyeri
  • Timbul nya rasa lapar yang terlalu sering
  • Perut kembung
  • Mual dan muntah
  • Terlalu sering bersendawa

Ciri ciri gejala penyakit maag kambuh:

Hindari dari terserangnya penyakit maag dengan mengetahui terlebih dahulu apa saja sebenarnya faktor pemicu penyakit maag ini, seperti dengan car sederhana menjaga pola makan dan menghindari sebisa mungkin strees yang berlebih.Beberapa ciri ciri gejala penyakit maag yang bisa dilihat apabila anda terkena penyakit ini adalah dengan munculnya gejala seperti berikut ini
  • Perut kembung
    Pada gejala awal saat seseorang terkena penyakit maag adalah perut terasa kembung. Di dalam lambung terdapat banyak gas sehingga menyebabkan perut terasa kembung.
  • Mual dan muntah
    Gejala berikutnya yang sering terjadi pada penderita penyakit maag adalah mual dan muntah. Jika anda mengalami hal ini secara tiba tiba dan tanpa sebab bisa jadi anda sedang mengalami salah satu ciri penyakit maag.
  • Perut terasa sering lapar
    Jika anda tidak menjaga pola makan secara teratur maka bisanya akan mudah juga merasakan rasa lapar, salah satu ciri ini juga merupakan tanda gejala penyakit maag
  • Sering bersendawa
    Hal ini daiakibatkan oleh gas yang dihasilkan oleh lambung, apakah anda sering bersendawa erus menerus? Hal itu juga bisa menunjukkan tanda ciri gejala awal penyakit maag
  • Perassan sakit pada bagian dada dan perut
Dari banyaknya ciri dan tanda gejala penyakit maag yang biasanya sering paling muncul adalah merasakan rasa sakit atau perih pada bagian perut dan juga dada. Meskipun banyak yang mengkaitkan sakit dada dengan penyakit jantung, namun agar lebih pastinya apakah hal tersebut gejala penyakit maag atau bukan ada baiknya konsultasikan dnegan dokter agar dapat dilakukan suatu pemeriksaan lebih lanjut.

Lalu bagaimanakah cara mengobati penyakit maag ini? Dalam kenyataannya sebenarnya semua penyakit dapat disembuhkan karena ada obatmya, namun sebaik baiknya pengobatan lebih baik anda melakukan pencegahan agar tidak terkena penyakit maag ini.Jaga pola makan yang baik agar tidak mudah terkena penyakit maag yang cukup merepotkan dan bisa menjadi kronis apabila tidak disertai dengan penanganan yang lebih lanjut.

4 Jenis penyakit maag di lihat dari tingkat keparahan nya:

1. Penyakit Maag Ringan
Di lihat dari tingkat keparahan nya, penyakit maag ringan sesuai dengan nama nya masih termasuk dalam tingkatan biasa/ringan. Penyakit maag ringan menyerang organ lambung hanya bagian dinding nya saja dan biasa nya penderita penyakit maag ringan hanya mengalami kandungan asam lambung nya naik.

2. Penyakit Maag Sedang

 Tingkat keparahan dari penyakit maag sedang di tandai dengan timbul nya rasa mual, nyeri dan mules pada perut. Penyakit maag sedang sering di derita oleh masyarakat kita pada umum nya. Pola makan yang salah menjadi penyebab utama dari penyakit maag sedang ini.

3. Penyakit Maag Kronis

Terjadi karena adanya gangguan pada organ lambung yang di sebabkan oleh mikroorganisme. Tingkatan penyakit maag kronis, lebih tinggi di banding kan dengan maag sedang dan maag biasa.

4. Penyakit Kanker Lambung
Sama hal nya dengan maag kronis, penyakit kanker lambung juga di akibat kan oleh mikroorganisme ( Helycobacterpylori ) yang sangat merugikan khusus nya organ lambung.

Makanan pantangan penderita penyakit maag:

Makanan yang harus dihindari ketika puasa bagi penderita skit maag.Beberapa menu makanan yang sebaiknya dihindari pada penderita maag adalah sebagai berikut ini.

1.) Cokelat
Cokelat memiliki banyak penggemar dan memiliki rasa yang cukup enak untuk dikonsumsi. Namun selain itu ternyata coklat juga bisa menjadi penyebab naiknya asam lambung jika dibandingkan dengan makanan lain.Hal ini disebabkan karenakafein dan stimulan menjadi penyebab kenaikan asam lambung.

2.) Soda
Sebaiknya hindari mibuman bersoda, terlebih saat bulan puasa. Hal ini disebabkan karena gelemboung soda yang terjebak di perut rentan mengakibatkan naiknya asam lambung. Selain itu minuman bersoda juga bisa menyebabkan kondisi tubuh menjadi bermasalah dikarenakan kandungan kafeinnya yang bersifat asam.

3.) Gorengan / Makanan yang digoreng
Makanan digoreng memang banyak disukai orang banyak namun faktanya makanan digoreng tersebut juga sangat banyak mengandung lemak yang apabila dikonsumsi dapat meningkatkan resiko naiknya asam lambung. Saat berpuasa kurangi makanan yang digoreng, sebab dikhawatirkan asam lambung langsung naik jika saat berpuasa anda menyantap makanan ini.

4.) Susu tinggi lemak

Hal yang menjadi pemicu naiknya asam lambung berikutnya adalah karena pada umumnya banyak makanan yang mengandung kandungan lemak yang tinggi. Maka dari itu jika anda merasa sudah mengalami masalah dengan asam lambung, sebaiknya berusaha menghindari makanan / produk yang memiliki kandungan lemak tinggi dahul.

5.) Daging tinggi lemak

Daging yang memiliki jenis tinggi akan lemak juga dapat mengakibatkan asam lambung. Daging tersebut antara lain adalah daging sapi atau daging kambing. Sebaiknya apabila anda mengkonsumsi daging sapi atau kambing usahakan dnegan frekuensi tertentu misalknya seminggu sekali dan jangan terlalu sering

Selain makanan, dibawah ini merupakan beberapa asupan yang harus dihindari penderita maag ketika menjalankan puasa :
  1. Makanan yang mengandung Gas
    Makanan yang harus dihindari beberapa diantara adalah yang mengandung gas,seperti kedondong,nangka,pisang ambon dan buah yan dikeringkan sebaiknya dihindari.kebiasan merokok dan minumm minuman bersoda juga harus sudah mulai anda hentikan sekarang apabila tidak ingin terkena penyakit maag ini karena rentan meningkatkan resiko naiknya gas dalam lambung.
  2. Merusak dinding lambung
    Hati hati terhadap makanan yang isa membuat rusak dinding lambung anda, beberpa makanan tersebut adalah jenis makanan cuka,pedas dan makanan yang mengandung kandungan merica berlebih. Jika jenis makanan ini dikonsumsi secara berlebih terus menerus dikawatirkan lambung bisa mengalami gangguan.
  3. Merangsang asam lambung
    Wajib diketahui agar jangan mengkonsumsi kopi di malam hari pada saat berpuasa,atau belum makan makanan apapun dan langsung mengkonsumsi kopi. Sebab dapat dipastikan asam langsung langsung naik yang mengakibatkan penyakit maag.
  4. Melemahkan klep kerongkongan
    Makanan yang bisa menyebabkan pemicu naiknya cairan lambung pada kerongkongan adalah bisa seperti gorengan, coklat dan makanan tinggi lemak. Bisa mengkonsumsi secara berlebih bisa menyebabkan klep kerongkongan menjadi lemah.
  5. Sumber karbohidrat
    Beberapa jenis karbohidrat sebaiknya dihindari bagi anda yang sdh pernah terkena penyakit maag, seperti diantaranya ketan,mie,bihun, singkong,jagung,ubi, pasta dan talas.
  6. Makanan yang sulit dicerna
    Makanan yang sulit dicerna oleh lambung juga bisa menyebabkan penyakit maag diantaranya adalah makanan yang mengandung lemak tinggi seperti cake dengan cream, cokleat dan juga keju .

Cara mengobati maag kronis alami tradisional:

Berikut ini adalah beberapa obat alami untuk mengobati penyakit maag kronis yang berbahaya jika tidak segera diambil tindakan yang lebih lanjut.Cara mengobati maag kronis dengan obat tradisional

1. Obat herbal maag dengan daun jambu biji
Jambu biji ternyata juga dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi sakit maag kronis, selain sebagai obat diare. Cara menggunakan daun jambu biji sebagai obat maag adalah dengan menggunakan air rebusannya untuk diminum. Bagaimana cara membuat rebusan air jambu biji untuk obat sakit maag? Berikut ini cara mengolahnya.
  • Siapkan jambu biji yang masih muda antara 2 genggam.
  • Kemudian rebus menggunakan air bersih sampai mendidih.
  • Minumlah ramuan daun jambu biji tersebut 3 kali sehari.
  • Minum dengan teratur agar sakit maag kronis bisa segera sembuh.

2. Obat herbal maag dengan Kunyit/kunir
Sudah lama kunyit dikenal sebagai tanaman obat. Kunyit juga merupakan sebagai bahan jamu yang tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Cara menggunakan kunyit untuk mengobati sakit maag kronis adalah sebagai berikut
  • parut kunyit yang telah dibersihkan.
  • Peras kunyit yang telah diparut dan dapatkan airnya.
  • Campurkan dengan air hangat dan minum sampai habis.
  • Bisa juga ditambahkan madu agar lebih nikmat.

3. Obat herbal maag dengan Biji pepaya
Bukan hanya daging buahnya saja yang bermanfaat, biji pepayapun juga mempunyai manfaat sebagai obat sakit maag alami. Cara menggunakan biji pepaya sebagai obat sakit maag adalah dengan cara sebagai berikut ini
  • biji pepaya yang disangrai terlebih dulu.
  • Kemudian tumbuk hingga halus dan seduh dengan air hangat.
  • Minum ramuan ini untuk menyembuhkan maag yang Anda derita.

4. Obat herbal maag dengan Kedelai.
Dengan menggunakan biji kedelai juga bisa mengobati sakit maag kronis. Sebab kedelai memiliki kemampuan untuk mengatasi sakit maag yang sudah kronis.Cara menggunakan kedelai untuk mengobati sakit maag tidak jauh berbeda dengan menggunakan biji pepaya yaitu sebagai berikut
  • Sangrai biji kedelai dan tumbuh halus.
  • Seduh menggunakan air dan minum.
  • Anda juga bisa rutin mengonsumsi tempe agar sakit maag yang diderita bisa sembuh.
  • Konsumsi kedelai dalam bentuk tempe juga sangat baik bagi penderita maag 

Cara mencegah penyakit maag:

Penyakit maag dapat di cegah dengan cara hidup dengan pola cara hidup sehat, makan teratur, hindari makanan yang banyak mengandung gas, jangan makan terlalu banyak, cuci tangan sebelum makan untuk menghindari masuk nya mikroorganisme dari tangan yang masih kotor.

Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Maag & Obat Herbalnya | Unknown | 5