Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Liver & Obat Herbalnya



Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Liver & Obat Herbalnya

Ciri ciri gejala penyakit liver awal:

Ciri ciri gejala awal orang terkena penyakit liver, apa itu penyakit liver? Pertanyaan ini sering muncul saat mendengar istilah penyakit liver, dimana penyakit ini bisa dikategorikan penyakit yang sangat berbahaya. Hal ini dikarenakan karena peran hati atau liver sangat utama bagi tubuh, Dimana sebagai alat ekresi yang membantu fungsi ginjal untuk memecah senyawa yang bersifat racun pada tubuh.Selain itu hati atau liver juga merupakan organ tubuh penghasil ammonia, urin serta sama urat yang memanfaatkan asam amino serta nitrogen.

Hati mengolah racun pada tubuh, kemudian hasilnya dikeluarkan melewati empedu serta feses. Dimana ilmu kedokteran dinamakan dengan detoksifikasi. Karena itulah harus diwaspadai dan ditangani dengan cepat, karena penyakit liver sangatlah berbahaya. Jika terlihat beberapa gejala awal yg timbul seperti pada penjelasan di bawah ini, adalah menunjukkan ciri ciri gejala terkena penyakit liver dan harus segera berkonsultasi dengan dokter secepatnya.

Penyakit hati atau liver ini dikenal juga dengan nama penyakit hepatitis A, hepatitis B atau penyakit hepatitis non A dan penyakit hepatitis non Byang disebabkan semuanya oleh virus.Munculnya penyakit liver bisa juga disebabkan oleh hal lain seperti dari pola mengkonsumsi makanan yang salah, serta zat zat kimia yang terkandung dalam obat yg biasa kita minum, seprti antibiotic,parasetamol,arsenal serta beberapa obat obatan yang biasa dikonsumsi dalam bentuk fastfood.

Ciri ciri gejala awal penyakit liver:

Mengobati penyakit liver secara alami harus mengenali gejala atau perubahan pada penderita penyakit liver itu sendiri .Ciri gejala yang sering ditimbulkan secara umum dari penyakit liver ini beberapa diantaranya sebagai berikut:
  1. Anemia.
  2. Berat badan menurun karena kurangnya nafsu makan.
  3. Sering mimisan.
  4. Sering buang air kecil.
  5. Mudah merasa dahaga.
  6. Bau mulut serta bau badan tidak sedap.
  7. Dikarenakan kekurangan protein, tubuh akan mudah memar
  8. Perut berubah menjadi lebih buncit,hal ini disebabkan karena adanya pembengkakan di tulang rusuk bagian kanan bawah.
  9. Air seni berubah warna menjadi kuning gelap.
  10. Terjadi perubahan pada bentuk kuku di mana menjadi lebih melengkung serta mengalami keputihan.
  11. Terjadnya perubahan pada warna kulit serta mata,dimana mata berubah menjadi agak kekuning kuningan. Hal inilah yang sering disebut masyarakat sebagai penyakit kuning. 


Ciri ciri gejala penyakit hati liver:

Penyakit hati liver bengkak kronis wajib anda ketahui, dimana penyakit hati liver bengkak kronis adalah penyakit yang harus ditangani dengan cepat agar tidak membahayakan lebih lanjut pada kesehatan. Penyakit hepatitis adalah penyebab penyakit liver yang paling banyak, dan kedua penyakit ini saling berhubungan.

Penyakit hepatitis adalah awal timbulnya penyakit liver, banyak yang berpendapat hal terseut. Sedangkan penyebab dari penyakit hepatitis sendiri beberapa diantaranya adalah karena virus atau racun yang didapat dari makanan ataupun minuman. Anda sendiri dapat mengenali penyakit liver ini dari beberapa tanda ciri gejala yang ditunjukkan.

Berikut ini ada beberapa ciri-ciri penyakit hati liver yang dapat Anda cermati:
  • Perut terlihat lebih buncit, hal ini mengakibakan adanya rasa sakit saat bernafas dikarenakan adanya pembengkakan di dalam perut.
  • Kulit terlihat menjadi lebih kekuning kuningan, oleh karena itu banyak yang menyebut penyakit liver ini penyakit kuning.
  • Sering nya buang air kecil yang berwarna kuning gelap, kemudian buang air besar tidak teratur dan mengalami rasa haus yang berlebihan.
  • Nafsu makan menurun, sehingga menyebabkan berat badan menurun drastis serta kekurangan protein dan selain itu badan menjadi mudah memar.
  • Mudah sakit kepala,lesu,lemah dan juga depresi bahkan kejang
  • Munculnya bau mulut dan bau badan yang berlebihan.
Jika anda merasakan ciri ciri gejala sakit liver tersebut, maka anda harus segera melakukan penasangan dengan cepat. Segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui sudah sejauh mana penyakit ini menyerang tubuh anda.

Amati setiap perubahan yang terjadi pada tubuh anda, hal tersebut harus anda perhatikan, jika terdapat kejanggalan maka segera konsultasikan kepada dokter. Selain itu, lakukan dnegan cara merubah pola makan anda menjadi lebih baik agar tetap mempunyai keadaan tubuh yang sehat.

Penyakit hati bengkak :

Pembengkakan pada hati atau sering disebut fatty liver juga dapat menyebabkan penyakit liver. Faty liver atau penyakit hati bengkak adalah gejala awal yang ditimbulkan pada organ hati karena adanya gangguan dari fungsi hati. Adanya penimbunan lemak yang terdapat dalam sel sel hati inilah yang menyebabkan fatty liver.

Dengan adanya pembengkakan hati ini, maka hati sudah tidak dapat berfungsi dengan baik dan muncullah gejala dari penyakit liver. Pada dasarnya, dengan mengatur pola makan dan asupan makanan yang dikonsumsi maka penyakit ini dapat diatasi.

Ciri ciri gejala penyakit liver kronis:

Jika tidak mengontrol asupan makanan dan dibiarkan begitu saja, penyakit fatty liver akan menjadi lebih parah lagi yaitu penyakit hati kronis. Penyakit liver kronis ataupun sirosis adalah nama penyakit liver yang sudah tidak dapat disembuhkan.

Hal ini dapat terjadi karena adanya kerusakan yang terjadi secara berulang, bagi seseorang yang sering mengkonsumsi minuman keras dalam porsi banyak dan bertahun tahun patut mewaspadai. Sebab hal inilah yang menjadi penyebab utama fugsi hati hancur dan tidak bisa bekerja secara normal.Penyakit liver kronis ini juga dapat disebabkan oleh penyakit hepatitis, virus ataupun racun lainnya.

Penyakit liver kronis ini biasanya menunjukkan gejala seperti penurnan berat badan secara drastis, badan mudah lelah, rasa mual dan diare, nyeri terasa di perut, sembelit dan juga warna kulit yang berubah. Jika terkena penyakit ini, resiko paling fatal yang akan terjadi adalah kematian.

Ciri ciri gejala penyakit liver pada anak :

Upaya pencegahan penyakit liver pada anak anak, penyakit liver berpotensi mematikan dan salah satu penyakit yang tergolong dalam kondisi berbahaya.Penyakit ini menyerang hati, dan jika dibiarkan saja tidak akan mungkin bisa disembuhkan kecuali dengan menggunakan transplatasi hati. Untuk menghindari penyakit ini harus dilakukan banyak hal, namun tentunya upaya pencegahan lebih baik daripada harus mengobati penyakit liver yang berkepanjangan dan sangat menyiksa.

Rusaknya fungsi hati adalah salah satu hal yang menandakan penyakit ini. Kerusakan pada hati ini bermacam macam, salah satunya adalah penyakit liver sirosis. Dimana kerusakan hati yang telah kronis disebut dengan sirosis hati. Timbulnya jaringan perut adalah salah satu hal yang disebabkan oleh kerusakan kerusakan ini,yang menyebabkan kontur hati tidak normal lagi. Kondisi ini menganggu aliran darah yang pada akhirnya menganggu fungsi hati.

Penyebab dan gejala penyakit liver pada anak :

Banyak hal yang menyebabkan liver sirosis atau penyakit liver. Pola hidup yang tidak sehat adalah salah satunya, kurang berolahraga atau berolahraga terlalu keras tanpa diimbangi istirahat yang cukup. Buah sayur serta air putih yang jarang dikonsumsi, serta terlalu banyak mengkonsumsi alcohol dan memakan makanan siap saji yang tidak higienis juga merupakan faktor penyebab penyakit liver ini. Dimana penumpukan bakteri di dalam hati disebabkan oleh beberapa hal tersebut tadi yang pada akhirnya akan menimbulkan kerusakan hati.

Namun, ada juga yang menjadi penyebab penyakit liver ini adalah merupakan sebuah kelainan bawaan sejak dari lahir. Biasanya penyakit ini akan langsung terdeteksi saat bayi baru lahir.penyakit liver juga memiliki tingkatan kondisi tertentu pada anak, dimana setiap kondisinya juga memerlukan penanganan tersendiri.Di anataranya yaitu bilier,atresia,penyakit kuning,liver hepatitis,cacat hati bawaan dan lain lain.Lalu apakah bisa mengetahui si buah hati terkena penyakit liver atau tidak? Anda dapat melihat jika adanya suatu kelainan seperti berikut ini.
  • Demam akibat infeksi
  • Hilangnya nafsu makan
  • Mata dan badan yang menguning
  • Urine berwarna coklat tua
  • Berat badan anak tidak bertambah
  • Mual dan muntah yang disertai dengan diare
  • Tinja berwarna pucat, putih, atau seperti tanah liat 

Pencegahan dini terhadap penyakit liver:

Penyakit ini bisa berpotensi menjangkiti setiap orang meskipun tidak memiliki kelainan genetis sejak lahir. Untuk itulah,upaya pencegahan lebih diprioritaskan agar dapat mengurangi resiko kematian yang disebabkan oleh penyakit liver ini. Beberapa diantara ini adalah upaya pencegahan untuk mengindari terkena penyakit liver
  1. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan, contoh sederhananya biasakan anak anda untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan agar terhindar dari bakteri kuman penyakit.Sebagai orang tua harus mengajari buah hati anda untuk selalu membiasakan cuci tangan ini.
  2. Mengkonsumsi air putih mineral secara rajin 8-10 gelas per hari juga dapat menghambat perkembangan bakteri dan virus dalam tubuh.
  3. Secara rutin mengecek kondisi tubuh untuk mengetahui adanya penyakit liver sedini mungkin. Dengan cara ini identifikasi dan pengobatannya dapat segera dilakukan sedini mungkin. Pasien pun bisa berpotensi sembuh total jika penyebaran bakteri masih belum terlalu luas.
  4. Mulai meninggalkan kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol serta mengatur pola hidup yang sehat.
Tidak mudah memang menghadapi penyakit liver. Namun, dengan melakukan penanganan yang tepat, maka bisa menghambat perkembangan penyakit ini. Setelah sembuhpun hati / liver tidak boleh diperlakukan dengan kondisi yang sama seperti hal yang menjadi penyebab penyakit liver tadi, sebab bakteri kemungkinan akan muncul kembali.

Pengobatan alami penyakit liver :

Pengobatan penyakit liver bisa dilakukan secara alami,yaitu dengan mengkonsumsi sayuran dan buah buahan segar seperti : kol,kubis,wortel,brokoli,buncis,apel,tomat,jeruk,papaya,jambu biji,apukat dan belimbing.

Perhatikan juga pola makan sehari hari saat melakukan pengobatan liver secara alami, sebaiknya konsumsilah makanan yang mengandung banyak vitamin B6 dan B12 hati dan ikan.

Dan juga perhatikan makanan yang perlu dihindari yaitu makanan yang megandung lemak dan makanan yang diasap atau dibakar seperti sate dan ayam bakar. Usahakan untuk menghindari makanan yanh diolah dari bahan kambing,sapi,ayam,cumi cumi, udang,kepiting dan kerang. Juga ada beberapa buah buahan yang perlu dihindari sebab apabila terllau sering mengkonsumsinya bisa menyebabkan liver kambuh lagi yaitu seperti buah nanas,durian,nangka dan belimbing.

Untuk pengobatan herbal alami tradisional agar dapat mengobati penyakit liver ini bisa anda coba dengan menggunakan temulawak. Bagaimana cara membuat temulawak ini sebagai obat herbal untuk menyembuhkan penyakit liver, dapat anda baca selengkapnya berikut di bawah ini.

Baca juga : Manfaat temulawak untuk wajah, kesehatan & obat lambung.

Cara mengobati penyakit liver secara alami dengan menggunakan temulawak :
  • Caranya adalah ¼ kg temulawak diiris tipis lalu dikeringkan
  • Usahakan yang berwarna kuning karena khasiatnya lebih banyak di bandingkan dengan yang warna putih
  • Ditambah 3 lembar daun sirsak di jemur sampai kering,
  • setelah semua bahan kering lalu di rebus dengan air 4 gelas menjadi 3 gelas saring
  • Lalu tambah gula merah secukupnya
  • Minun 3 kali sehari sekali minum 1 gelas,
  • Lakukan hal ini setiap hari sampai penyakit livernya sembuh
  • Sebaiknya berjermurlah pagi hari antara jam 7 sampai jam 9 selama 30 menit
  • Jangan melakukan olah raga berat karena akan memperlemah hati.

Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Liver & Obat Herbalnya | Unknown | 5