Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Gula & Obat Herbalnya



Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Gula & Obat Herbalnya
Penyakit diabetes atau penyakit gula semua orang tentu mengenal penyakit ini. Penyakit bisa menimpa siapa saja yang memiliki kelebihan kadar gula darah. Tidak hanya orang lanjut usia saja, tetapi anak anak dan orang berusia produktifpun bisa saja terkena penyakit yang diakibatkan karena hormone insulin ini.

Penyakit diabetes ini dikategorikan menjadi 3 jenis, yaitu diabetes golongan 1,diabetes golongan 2, dan diabetes gestasional.Penjelasan menganai masing masih kategori diabetes tersebut adalah sebagai berikut, diabetes golongan 1 adalah diabetes yang terjadi dikarenakan tidak ada atau rusaknya hormone insulin tubuh. Diabetes golongan 2 adalah diabetes yang terjadi karena kebalnya atau sudah tidak ada hormone insulin dalam mengatasi gula tubuh. Sedangkan untuk diabetes gestasional adalah diabetes yang terjadi hanya pada wanita hamil.

Dalam istilah diabetes sendiri mempunyai 2 jenis yang sangat familiar di telinga, yaitu diabetes basah dan diabetes kering. Berikut ini urian penjelasan mengenai tanda gejala diabetes basah dan diabetes kering agar anda bisa mengetahui lebih detail mengenai penyakit diabetes ini.

Ciri ciri gejala penyakit gula:

Awal dari sebuah tahapan diabetes golongan 2 adalah diabetes kering.Penderita diabetes kering ini, insulin di dalam tubuhnya sudah kebal (resisten) terhadap gula (glukosa) darah dikarenakan sudah rusaknya insulin di dalam tubuh. Sehingga berakibat gula yang telah masuk ke dalam tubuh tak mampu lagi dirubah menjadi gula otot (glikogen). Dengan demikian, dalam keadaan normal kadar glukosa darahnya akan naik drastis. Sebagai tambahan informasi, kadar glukosa darah normal yaitu 150 mg/dl dan penyakit diabetes mempunyai kadar glukosa darah di atas angka tersebut.

Ciri ciri gejala penyakit gula kering:

Berikut beberapa gelaja dan tanda yang perlu diwaspadai dari diabetes kering :
  1. Merasakan rasa lapar yang meningkat, hal ini disebabkan karena glukosa darah terus dibuang tanpa disalurkan ke sel sel bagian tubuh.
  2. Sering buang air kecil dan meningkatnya rasa haus. Hal ini dkarenakan pembuangan glukosa dan air ke dalam urin secara terus menerus anpa melalui suatu penyaringan yang normal (dehidrasi).
  3. Mulut menjadi kering karena mengalami dehidrasi.
  4. Nafas berbau buah. Hal ini dikarenakan akibat pembentukan keton ( zat yang mempunyai bau seperti buah buahan) sebagai hasil dari proses pembakaran lemak dengan aseton yang digunakan sebagai sumber energi.
  5. Penglihatan mata menjadi kabur. Penyebabnya dikarenakan kadar gula darah yang tinggi, sehingga menyebabkan perubahan pada lensa mata.
  6. Munculnya rasa pegal otot akibat dari dehidrasi.
  7. Menjadi lebih sensitive. Hal ini disebabkan karena fluktuasi gula darah yang membuat mood menjadi berubah ubah.
  8. Ketiga rasa ini dipastikan muncul yaitu sakit kepala akibat gula darah, penglihatan yang menjadi kabur ditambah dengan tekanan darah tinggi.
  9. Kadar gula yang tinggi juga menyebabkan gatal.
  10. Berat badan menjadi turun drastis akibat dehidrasi dan pembakaran lemak terus menerus.

Apa yang sebenarnya membedakan antara diabetes basah dan diabetes kering tersebut? Sebab kedua golongan penyakit diabetes ini ada baiknya diketahui perbedaannya. Semuanya bisa dilihat dari ciri tanda gejala diabetes tersebut.

Diabetes basah adalah istilah yang dikenakan pada diabetes golongan 2 yang berada pada fase lebih lanjut. Pada usia lanjut usia penyakit diabetes basah ini lebih rentan terserang.Dimana penyebabnya adalah kadar gula darah yang sangat tinggi dan bisanya berada jauh di atas penderita diabetes kering.

Ciri ciri gejala penyakit gula basah :

Ciri dan gejala penyakit diabetes basah pada dasarnya hamper mirip dengan ciri gejala diabetes kering. Hal yang membedakan adalah keadaan fisik dan fase. Untuk lebih jelasnya anda dapat membaca penjelasannya berikut ini.

1. Gejala dan tanda-tanda yang sama antara diabetes basah dan kering diantaranya adalah :
  • adanya peningkatan rasa lapar;
  • peningkatan rasa haus dan seringnya buang air kecil;
  • mulut kering akibat dehidrasi;
  • napas berbau buah; penglihatan yang kabur;
  • pegal otot akibat dehidrasi;
  • sensitif;
  • sakit kepala akibat gula darah, penglihatan yang kabur, dan tekanan darah tinggi;
  • gatal-gatal;
  • penurunan berat badan yang drastis akibat dehidrasi dan pembakaran lemak terus menerus.
2. Gejala yang hanya terjadi pada diabetes basah :
  • Terjadinya infeksi pada jaringan kulit,jaringan otot dan jaringan saraf. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri clostridium perfringens atau bacillus fusiformis.Biasanya terjadi pada daerah yang lembab seperti mulut,usus,paru paru,serviks dan juga vulva. Sedangkan pada penderita diabetes basah, infeksi banyak terjadi di daerah kaki.
Adanya suatu infeksi yang berawal dari sebuah luka adalah ciri tanda gejala diabetes basah yang paling mudah dideteksi. Luka menjadi susah sembuh yang disebaban karena kadar gula darah yang sangat tinggi. Dimana keadaan ini membuat bakteri hinggap dan kemudian tumbuh berkembang sehingga menyebabkan infeksi semakin bertambah parah. Apabila dibiarkan,maka pada bagian yang terkena infeksi dapat terjadi kebusukan, sehingga dengan terpaksa bagian tersebut harus diamputasi (dipotong) agar tidak menjalar ke bagian lain. Apabila mengalami gejala dan tanda tanda diabetes waspadailah dan segera lakukan pemeriksaan sebelum mengalami diabetes yang ,lebih parah.

Ciri ciri gejala penyakit gula darah tinggi :

Dalam sebuah studi diketahui fakta bahwa sebuah penyakit dalam kehidupan sehari hari memang berasal dari diri sendiri. Dimana salah satunya penyakit gula darah ini disebabkan karena faktor mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, jadi apabila anda mengalami penyakit diabetes maka anda sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat.

Makanan dan minuman yang banyak mengandung pemanis buatan jika dikonsumsi terus menerus akan menumpuk dan membuat kadar gula semakin tinggi.Orang yang terkena penyakit gula darah tinggi juga rentan terkena penyakit darah tinggi atau hipertensi.mempunyai tubuh yang gemuk memang rentan terkena berbagai penyakit termasuk penyakit gula darah tinggi.

Dalam usia muda penyakit gula darah tinggi juga bisa terjadi, jadi jangan menganggap remeh penyakit gula darah tinggi ini karena penyakit ini bisa menimbulkan resiko yang tinggi pada serangan stroke dan serangan jantung.Untuk mencegah penyakit gula darah tinggi ini bisa anda mulai dengan menghindari makanan yang berlemak dan mengandung bahan pengawet. Lakukan juga pola hidup sehat seperti olahraga secara teratur, hindari minuman bersoda, hindari merokok dan istirahat yang cukup.

Baca juga : Ketahui penyebab,ciri ciri gejala penyakit vertigo  & obat herbalnya.

Penyakit gula darah tinggi:

Tanda gejala penyakit gula darah tinggi berikut ini adalah tanda gejala penyakit gula darah tinggi yang bisa anda deteksi
  1. Sering lapar dan hapus
    Rasa lapar yang berlebihan biasanya ditunjukkan oleh gejala awal penyakit gula darah tinggi ini.Penderita bisa sering minum dan makan dengan porsi yang cukup banyak.Pada tahap tahap awal penyakit gula darah gejala ini paling sering dialami.
  2. Gangguan kulit
    Penderita gula darah tinggi akan mengalami masalah kulit pada tubuhnya, gangguan kulit yang sering muncul seperti rasa gatal,kering, kusam dan masalah infeksi kulit lainnya yang terjadi akibat kerusakan system saraf.
  3. Sering lelah dan gelisah
    Pada penderita diabetes rasa lelah dan gelisah sering terjadi bahkan di saat penderita diabetes hanya melakukan aktivitas yang ringan tetapi sudah merasakan lelah yang sangat luar biasa. Bukan hanya itu saja, karena penderita juga sering merasakan rasa cemas dan selalu gelisah dalam hatinya.
  4. Sering mengantuk dan kesemutan
    Rasa mengantuk dan seringnya menguap banyak dialami oleh orang yang terkena penyakit gula darah, hal ini disebabkan karena penderita tidak bisa tidur dengan baik pada malam harinya. Beberapa gangguan seperti seringnya buang air kecil pada malam hari menyebabkan kualitas tidur menjadi tidak berkualitas sehingga menyebabkan siang harinya penderita menjadi sangat mengantuk. Selain itu penderita diabetes juga sering merasa kesemutan pada jari jari kaki dan tangan, kesemutan terjadi karena melonjaknya kadar glukosa darah yang terlalu tinggi yang disebabkan karena jaringan system saraf tubuh mulai rusak.
  5. Berat badan turun dan luka lama sembuh
    Penurunan berat badan yang drastic adalah ciri ciri gejala penyakit gula darah kering, dan penderita diabetes kering akan meskipun penderita sudah banyak makan makanan yang banyak tetapi penderita diabetes tetap akan memiliki tubuh yang kurus. Sedangkan ciri gejala gula darah basah bisanya saat penderita mengalami luka di bagian tubuh, maka pada luka tersebut akan sangat lama sekali sembuhnya dan kering. Bahkan dengan adanya luka kecil saja bisa menjadi borok yang pada akhirnya membusuk dan bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain.
  6. Infeksi gusi
    Infeksi gusi misalnya gusi menjadi bengkak, merah dan iritasi bisa terjadi pada pasien gula darah hal ini terjadi pada para penderita diabetes.Selain itu gangguan infeksi virus, bakteri atau gangguan infeksi yang lain lebih mudah masuk ke dalam tubuh si penderita diabetes yang disebabkan karena mempunyai system kekebalan tubuh yang lemah.

Penyebab penyakit gula atau diabetes:

  • Sering mengkomsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan
  • Seringnya mengkonsumsi minuman manis dan bersoda
  • Jarang melakukan olahraga dan gerak tubuh
  • Kurang istirahat dan sering begadang
  • Sering merokok
  • Faktor keturunan

Obat herbal tradisional penyakit gula atau diabetes:

Penyakit diabetes dapat disembuhkan dengan ramuan obat tradisional alami yang bisa anda temukan dengan mudah. Beberapa cara mengobati penyakit diabetes atau gula adalah sebagai berikut ini.

1).Obat herbal diabetes dengan daun sirsak
Anda bisa mengobati penyakit diabetes apabila anda tengah mengalami penyakit gula, dengan cara menggunakan daun sirsak untuk pengobatan, dimana daun sirsak sangat efektif untuk mengobati berbagai penyakit termasuk penyakit gula darah yang bisa dikatan penyakit kronis dan berbahaya.
Cara menggunakan daun sirsak untuk pengobatan diabetes:
  • Siapkan tujuh lembar daun sirsak
  • Kemudian anda cuci daun sirsak tersebut lalu anda rebus dengan 3 gelas air kecil,
  • Rebus sampai airnya tersisa menjadi 1 gelas
  • Minum ramuan tersebut tiga kali dalam sehari untuk membantu menyembuhkan penyakit gula atau diabetes anda.
2).Obat herbal diabetes dengan kulit manggis
Bahan alami berikutnya ini juga bisa digunakan sebagai obat penyakit gula darah yaitu kulit manggis. Saat ini Bahan obat obatan dengan bahan dasar kulit buah manggis sudah banyak ayang menjualnya, sehingga anda tidak perlu repot untuk membuatnya secara manual, tetapi sangat disarankan untuk membuatnya sendiri secara langsung agar khasiatnya masih kuat dalam mengobati penyakit diabetes ini.
Cara menggunakan kulit buah manggis untuk penyakit diabetes:
  • Siapkan kulit manggis secukupnya
  • Cuci bersih bersih kulit manggis tersebut
  • Kemudian rebus dengan menggunakan tiga gelas air.
  • Rebus kulit manggis sampai airnya menjadi satu gelas kemudian anda angkat dan dinginkan,
  • Minum ramuan itu secara rutin dan teratur untuk mengobati penyakit gula atau diabetes anda sebanyak 3 kali dalam sehari.
3).Obat herbal diabetes dengan pare
Pare ternyata juga bisa digunakan untuk obat penyakit gula atau dibetes, anda bisa mendapatkan pare dengan mudah tentunya. Sebab, Pare mempunyai senyawa yang efektif untuk memproduksi insulindi dalam tubuh.
Cara menggunakan pare untuk mengobati penyakit diabetes:
  • Siapkan pare seukupnya
  • Bersihkan dan cuci pare hingga bersih
  • Potong pare menjadi beberapa bagian kemudian peras sampai pare mengeluarkan air
  • Minum perasan air pare tersebut untuk membantu mengobati penyakit diabetes anda.

Cara mencegah penyakit gula atau diabetes :

  • Lakukanlah olahraga secara teratur
  • Kurangi asupan makanan yang banyak mengandung pemanis buatan
  • Perbanyaklah minum air putih minimal 8 gelas perhari
  • Batasi kadar gula yang masuk kedalam tubuh anda
  • Jangan merokok dan jangan minum yang manis-manis
  • Lakukanlah pola hidup yang sehat
  • Istirahatlah yang cukup
Kunci utama agar terhindar dari penyakit diabetes adalah dengan menjalankan pola hidup yang sehat dan sebisa mungkin menghindari segala macam makanan yang menjadi pemicu terkena penyakit gula atau diabetes ini. Jangan pernah meremehkan penyakit gula ini, sebab dikala muda pasti tubuh masih kuat namun seiring dengan umur atau usia penyakit diabetes ini bisa menjadi penyakit kronis yang sangat berbahaya bagi kesehatan karena menimbulkan kematian.

Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Gula & Obat Herbalnya | Unknown | 5