Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Asam Urat & Obat Herbalnya



Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Asam Urat & Obat Herbalnya
Penyakit asam urat yaitu perasaan sakit pada bagian persendian tubuh, sakit ini bisanya dirasakan pada bagian sendi tangan dan kaki. Penyakit sam urat biasanya disertai pembengkakan pada daerah persendian yang terasa sakit. Perasaan sakit akibat penyakit asam urat ini tentu cukup mengganggu, terlebih jika sakit ini dirasakan di bagian kaki anda karena bisa menyebabkan terganggu nya aktifitas yang biasa dijalani. Karena banyaknya keluhan tentang penyakit ini banyak sekali orang yang mencari informasi tentang penyakit asam urat dan cara alami mengatasinya.

Penyakit asam urat bisanya terjadi rasa sakit yang tiba tiba datang menyerang pada bagian persendian tangan atau kaki. Penyakit asam urat ini bisa kambuh karena makanan yang di konsumsi, seperti makanan yang memiliki zat klorofil yaitu daun daunan hijau. sebaiknya untuk menghindari penyakit asam urat ini kambuh untuk menghindari makanan yang memicu kambuh nya penyakit asam urat.

Penyebab asam urat:

Menumpuknya zat purin di dalam tubuh yang berlebihan bisa menjadi penyebab gejala penyakit asam urat, dimana zat purin ini selanjutnya diolah oleh tubuh sehingga menghasilkan asam urat, namun dikarenakan prosuksi asam urat dalam tubuh terlalu berlebihan,maka mengakibatkan gangguan pada ginjal, sehingga ginjal tidak dapat mengeluarkan asam urat dengan baik yang pada akhirnya asam urat menumpuk di bagian persendian yang berbentuk kristal dan mengakibatkan terjadinya rasa sendi, meradang dan bengkak.

Kesimpulannya, asam urat adalah penyakit yang ditimbulkan dari sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang kita konsumsi sehari hari seperti dari tubuh mahkluk hidup, buah buahan dan sayuran. Dan secara umur penyakit asam urat ini biasanya terjadi pada orang yang sudah berusia lanjut karena menumpuknya zat purin yang berlebih di dalam tubuh. Biasanya orang yang menderita penyakit asam urat juga mengalami penyakit lainnya, seperti penyakit ginjal, diabetes atau hipertensi. Apabila penyakit asam urat dibiarkan berlarut larut maka akan mengakibatkan terjadinya penyakit batu ginjal dan kemudian bisa berlanjut menjadi penyakit gagal ginjal pada akhirnya.

Kadar asam urat normal untuk pria berkisar antara 3,5 sampai 7 mg/dl sedangkan untuk wanita adalah berkisar antara 2,6 sampai 6 mg/dl. Untuk mengetahui berapa kadar asam urat anda bisa memeriksakan di laboratorium atau klinik.

Baca juga : Ketahui penyebab,ciri ciri gejala penyakit ginjal  & obat herbalnya.

Beberapa yang berpotensi terkena asam urat:

Kenali beberapa orang yang berpotensi terkena asam urat atau gout sebab penyakit asam urat rentan sekali menyerang orang yang sering melakukan kebiasaan seperti berikut ini,
  1. Pria
    Kaum pria memang rentan sekali terkena asam urat dibandingkan kaum wanita, hal itu disebabkan karena wanita memiliki banyak hormone esterogen sehingga mampu mengontrol kandungan asam urat dalam darah.Namun wanita yang mengalami asam urat menjelang menopause bertambah sekitar 80%
  2. Penggemar seafood
    Penyakit radang yang dipicu oleh pengkristalan atau yang sering disebut asam urat ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh sisa metabolism purin, dimana purin yaitu senyawa alami yang terdapat dalam beberapa jenis makanan yang mengandung banyak protein dan lemak. Contoh makana yang banyak mengandung purin adalah daging dan makanan seafood.Dan asam urat ini sendiri sering dikaitkan dnegan reumatik.
  3. Minuman alkohol
    Jenis minuman tertentu selain makanan ternyata juga kaya akan kandungan purin . Salah satunya adalah minuman keras beralkohol, tidak hanya minuman bir saja,tapi minuman tapai,minuman ragi dan tuak juga dapat memicu asam urat.
  4. Kegemukan ( Obesitas )
    Tubuh gemuk cenderung lebih mudah memiliki resiko terkena penyakit asam urat, maka waspadai jangan terlalu gemuk sebab proses penguraian makanan purin yang bercampur lemak dalam darah cenderung sulit dikeluarkan melalui urine. Sehingga pada akhirnya yang terjadi adalah penumpukan dan penyumbatan lemak dalam darah, tanpa diimbangi air putih yang cukup.
  5. Faktor genetik atau faktor keturunan.
    Penyakit asam urat juga rentan menyerang jika dalam riwayat keluarga ada yang pernah terkena penyakit ini. Faktor keturunanlah yang menjadi pemicu dapat terkena penyakit ini, untuk itu sebaiknya segera periksalah diri anda untuk mengetahui apakah anda emiliki satu gen garis keturunan yang memiliki riwayat penyakit asam urat ini. Agar anda dapat meminimalisir atau mencegah dengan segera dengan beberapa tips mencegah asam urat yang telah dijelaskan sebelumnya agar dapat terhindar dari penyakit ini. 

Ciri ciri gejala penyakit asam urat:

Asam urat sendiri memiliki beberapa ciri gejala yang bisa dilihat dan dirasakan diantaranya seperti ciri ciri penyakit asam urat pada kaki, ciri ciri penyakit asam urat tinggi dan kolesterol dan yang menyebabkan rasa rematik bagi si penderita

Beberapa gejala asam urat yang biasa dialami oleh penderita penyakit asam urat:
  1. Persendian terasa nyeri pada waktu pagi hari saat bangun tidur, dan pada waktu malam hari
  2. Rasa nyeri sering sekali terjadi berulangkali pada sendi
  3. Beberapa tanda yang ditimbulkan diantaranya rasa nyeri di persendian,ngilu,linu,kesemutan,membengkak dan meradang berwarna kemerahan.
  4. Bagian yang mengalami nyeri bisanya di persendian seperti jari tangan,jari kaki,pergelangan tangan,tumit,siku dan dengkul.
  5. Persendian akan mengalami sakit saat mngelami pergerakan untuk khasus yang lebih parah.
  6. Sering merasakan nyeri mendadak pada sel sel persendian
  7. Merasakan nyeri bahkan bengkak pada pergelangan kaki dan terkadang sulit berjalan
  8. Terganggunya fungsi dari pangkal ibu jari, pergelangan kaki, punggung kaki,siku,lutut ataupun pergelangan tangan
  9. Merasakan nyeri yang luar biasa pada bagian punggung disebabkan karena terjadi penimbunan lemak dalam darah di batu ginjal.
  10. Rasa nyeri sakit makin lama makin terasa yang disertai dengan rasa panas ketika digerakkan
  11. Saat dipegang seperti ada benjolan yang menyebabkan penderitanya demam, dan rasa lesu pada malam hari badan terasa kedinginan
  12. Gejala asam urat juga tergantung dari diagnosa berdasarkan kadar asam urat, kadar urin pada makanan, berat badan, usia dll
  13. Sebaiknya segera memeriksakan di laboratorium untuk hasil yang lebih akurat apabila penderita mempunyai gejala seperti di atas. 

Makanan pantangan asam urat:

  • Makanan penyebab asam urat dan pantangan bagi penderita asam urat:
  • Makanan jeroan: hati, otak, babat, ginjal, limpa, usus,dan paru.
  • Daging: daging sapi, daging kuda dan daging kambing.
  • Ekstrak daging: dendeng dan abon.
  • Seafood: kepiting, cumi-cumi, kerang, sotong, remis, ikan sarden, ikan teri, tiram, udang.
  • Bebek: kalkun dan angsa.
  • Makanan yang mengandung lemak dan protein tinggi.
  • Keju, kaldu, kuah daging yang kental, es krim, air kelapa dan telur.
  • Makanan kaleng: sarden, kornet sapi dll.
  • Buah-buahan: nanas dan durian.
  • Kacang-kacangan: kacang tanah, tauge, kacang hijau, melinjo, emping, kacang kedelai termasuk kedelai olahan seperti tempe,susu kedelai, oncom dan tauco.
  • Makanan yang dimasak dengan mentega atau margarin, makanan bersantan seperti makanan gorengan
  • Sayur sayuran: bayam, buncis, kembang kol, jamur kuping, daun pepaya, daun singkong, kangkung dan asparagus.

Beberapa cara mengobati asam urat yaitu:

  • Hindari buah buahan seperti alpukat,nanas,durian dan air kelapa
  • Hindari berbagai makanan yang memicu asam urat seperti makanan laut, makanan jeroan,makanan kaleng,terlur,kaldu dan kuah daging kental
  • Hindari makanan seperti emping,melinjo,kankung,bayam,buncis,asparagus,daun jambu mete,daun singkong dan kembang kol
  • Sangat disarankan menghindari kacang kacangan seperti kacang hijau,kacang kedelai,kacang tanah beserta kedelai olahan seperti tempe susu kedelai,tauco,oncom dan tauge.
  • Disarankan menurunkan berat badan untuk orang yang gemuk, karena biasanya asam urat cepat naik sedangkan pengeluarannya kurang.
  • Makanlah sayuran dan buah buahan seperti belimbing wuluh, jahe,buah naga, sawi putih dan hijau, tomat dan serai yang bermanfaat untuk mengobati asam urat.
  • Dengan meminum banyak air putih dapat membantu mengeluarkan zat purin di dalam tubuh.
  • Hindari minuman yang mengandung alkohol. 

Tips bagi penderita asam urat:

  • Minum air putih 8 gelas sehari.
  • Untuk orang gemuk sebaiknya menurunkan berat badan.
  • Hindari minum obat aspirin
  • Hindari bekerja terlalu keras
  • Olahraga secara cukup.
  • Banyaklah mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti roti, singkong, ubi dan nasi.
  • Mengurangi mengkonsumsi permen, gula, sirup, arum manis, gulali.
  • Makanlah makanan yang banyak mengandung potasium seperti pisang, yughurt dan kentang.
  • Banyak mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, strawberry, pepaya.
  • Buah-buahan dan sayuran yang dapat membantu mengobati asam urat seperti buah naga, belimbing wuluh, sawi putih, sawi hijau, tomat, jahe dll. 

Menu makanan penderita asam urat:

Sangat dianjurkan untuk menjaga pola makan bagi penderita asam urat, karena jika sembarangan mengkonsumsi makanan yang tidak tepat, asam urat dipastikan akan kambuh kembali. Untuk itulah perlunya mengetahui makanan yang boleh di makan dan makanan yang harus dihindari.

Wajib dibaca bagi para penderita asam urat,jauhilah pantangan pantangan ini. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya yaitu zat purin yang berlebihanlah yang menyebabkan asam urat.Dimana dalam tubuh seseorang pasti terdapat zat purin, namun ada yang normal maupun berlebihan. Dan jika kadar asam urat dalam tubuh berlebih,akibatnya zat tidak akan mampu dikeluarkan oleh ginjal, sehingga Kristal asam urat menumpuk di dalam persendian yang pada akhirnya mengakibatkan rasa nyeri,bengkak dan meradang di persendian.Maka dari itu penderita penyakit asam urat wajib menghindari beberapa makanan yang memiliki kandungan zat purin yang tinggi.

Makanan yang boleh dikonsumsi bagi penderita asam urat:
  1. Kentang,yogurt, dan pisang adalah jenis makanan yang mengandung potassium tinggi sehingga bagus untuk dikonsumsi.
  2. Konsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C, seperti pepaya,jeruk dan strawberry. Beberapa contoh buah dan sayuran untuk mengobati asam urat yaitu : belimbing wuluh, buah naga, jahe, labu kuning, sawi hujau dan putih serta serai dan tomat.
  3. Perbanyak karbohidrat kompleks untuk dikonsumsi seperti nasi,roti,singkong dan ubi.
  4. Kurangi asupan konsumsi karbohidrat sederhana seperti jenis fruktosa diantaranya gula,permen,arum manis, sirup dan gulali
  5. Jangan minum aspirin
  6. Hindari kerja terlalu keras / kelelahan
  7. Pada orang obesitar / kegemukan, biasanya kadar asam urat cepat naik, tetapi metabolism pengeluaran sedikit. Maka sebaiknya menurunkan berat bdan dengan melakukan olahraga yang teratur.
  8. Sesuaikan jumlah asupan energi dengan kebutuhan tubuh, berdasarkan tinggi dan berat badan. 

Ciri ciri gejala asam urat dan kolesterol:

Berbagi informasi mengenai ciri ciri penyakit asam urat sangat penting bagi kita tahu akan tanda gejala ciri ciri penyakit asam urat pada tahap awal agar lebih mudah dalam pengobatannya.Asam urat mempunyai 4 poin penting tahapan penyakit, dimana di sini anda bisa melihat poin poin tersebut seputar perubahan gejala ciri ciri asam urat yang sering terjadi. Dimana anda dapat melihat ciri ciri gejala awal asam urat awal yang harus segera ditangani agar tidak menjadi lebih kronis dan berbahaya bagi kesehatan anda.

Ciri ciri umum pada penyakit asam urat dan kolesterol :
Beberapa ciri ciri umum / gejala awal jika terkena penyakit asam urat adalah sebagai berikut
  • Terjadinya nyeri pada sendi yang berulang ulang
  • Rasa sakit pada persendiaan saat digerakan
  • Pada sendi biasanya akan timbul rasa nyeri,ngilu dan kesemutan
  • Pada sendi yang mengalami rasa nyeri dan linu bisasanya kemerahan dan kemudian membengkak
  • Rasa sakit nyeri muncul di waktu waktu tertentu
  • Rasa nyeri yang muncul bisanya terjadi pada waktu alam hari atau di pagi hai saat bangun tidur.
  • Terjadinya pembengkakan pada sendi,kemerahan dan rasa panas di organ tubuh yang terasa sakit
  • Persendian yang umum diserang asam urat adalah lutut,siku,kaki,tangan,pergelangan kaki atau tangan dan punggung. 

Klasifikasi asam urat:

Penyakit asam urat memiliki 4 tahapan yang khas dalam penyerangannya :

1.Tahap pertama : Hiperurikemia Asimtomatik
Gejala tidak muncul,tetapi kadar asam urat di tubuh tinggi. Faktnya banyak orang yang pada tahap ini sudah menyadari kondisi mereka setelah melakukan tes darahuntuk mengukur asam urat yang terkandung dalam system peredaran darah,pada tahap ini perawatan tidak diperlukan.Seseorang yang beresiko terkena serangan selanjutnya adalah orang orang yang memiliki kadar asam urat yang tinggi. Cara pengobatan pada tahap ini yaitu dengan berupaya mengurangi kandungan kadar asam urat dalam tubuh. Dimana kadar normal asam urat untuk wanita adalah berkisar 2,6-6 mg/dl sedangkan untuk pria 3-7 mg/dl.


2. Tahap Kedua : Serangan gout akut
Pada tahap pertama jika hiperurikemia berkelanjutan maka akan menyebabkan penumpukan Kristal natrium urat di persendian.Berbagai mediator inflamasi akan menimbulkan serangan akut yang disebabkan karena rangsangan Kristal ini.Pada malam hari penderita biasanya akan terbangun karena rasa sakit dan pembengkakan sendi. Ciri ciri gejala penyakit asam urat tahap gout ini meliputi rasa nyeri, rasa panas dan bila disentuh lembek, rasa peradangan pada sendi, terlihat kemerahan atau memar dan terasa gatal pada akhirnya mengelupas setelah sakitnya mereda.

Tingkat rasa sakit bisa bervariasi mulai dari ringan hingga sampai rasa nyeri hebat dimana sendi tidak bisa disentuh. Munculnya rasa yang merupakan hasil dari beberapa mediator inflamasi yang bocor ke sirkulasi vena bisa berupa gejala sistemik, seperti demam, menggigil dan malaise. Namun rasa sakit ini akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 3 hingga 10 hari, bahkan tanpa harus melakukan suatu pengobatan


3.Tahap Ketiga :Interval kritis
Tahapan ini adalah setelah tahap gout yang tidak menunjukkan gejala. Pada tahap ini pada sebagaian besar orang berlangsung mulai enam bulan sampai dua tahun setelah serangan pertama gout. Dimana pada kondisi lainnya, kondisi tanpa menunjukkan gejala ini dapat berlangsung 5 – 10 tahun (sekitar 66% serangan kedua dalam satu tahun akan dialami oleh pasien)

Untuk mencegah serangan di masa depan,maka kondisi ini adalah waktu yang paling ideal dan tepat. Dimana gout secara klinis tidak aktif, tetapi masih ada dan akan terus berkembang jika asam urat tidak dikendalikan. Semakin pendek interal jarak untuk serangan berikutnya apabila kadar asam urat semakin besar.


4.Tahap Keempat : Gout tingkat lanjut
Pada tahap akhir gout ini, gejala dan efeknya menetap, karena sejumlah asam urat telah mengkristal menjadi deposit di tulang rawan serta jaringan lemak dan tendon dan bahkan pada selaput antar tulang.Gejala yang sering dikeluhkan oleh pasien diantaranya rasa nyeri sendi yang terus menerus,kekauan sendi,keterbatasan gerakan sendi, munculnya luka dengan nanah putih di daerah yang terkena, nyeri sendi simultan di berbagai bagian tubuh serta memburuknya fungsi ginjal.Pasien gout memiliki kecenderungan terkena penyakit batu ginjal daripada yang lain.

Pada tahap ini juga disebut dengan tahap tofus (jamak :tofi) yaitu masa Kristal urat yang disimpan dalam jaringan lunak, yang dapat menghancurkan jaringan lunak dan persendian. Daerah berkembangnya tofus adalah di bagian siku,jari kaki,tendon Achilles dan yang lebih jarang berada di daun telinga.

Maka sangat jelas bagi kita betapa pentingnya menjaga tingkat kadar asam urat pada tubuh kita setelah membaca uraian di atas. Pentingnya mengetahui gejala ciri ciri ciri asam urat dan pemahamannya, sebab dengan pengetahuan ini kita dapat memahami dan mendeteksi lebih sedini mungkin agar dapat terhindar dari resiko serangan penyakit asam urat yang sangat berbahaya merusak organ tubuh kita.

Baca juga : Ketahui asam urat rentan dengan munculnya penyakit diabetes.

Tips menjaga kadar asam urat :

Tips paling utama dalam hal yang paling sederhana adalah melakukan gaya hidup dan pola makan yang teratur dan sehat, disertai dengan asupan gizi dan nutrisi yang cukup.Beberapa tips tambahan yang dapat dijabarkan untuk menghindari penyakit asam urat adalah dengan melakukan hal sebagai berikut.

10 tips terbaik yang alami untuk menghindari serangan penyakit asam urat :
  1. Istirahat yang cukup
  2. Konsumsi herbal alami dari ace yaitu obat asam urat tradisional
  3. Kurangi berat badan yang berlebihan agar terhindar resiko serangan asam urat
  4. Lakukan olahraga ringan setiap pagi hari dengan teratur
  5. Makanan yang mengandung banyak purin wajib dihindari seperti daging, telur, kaldu, kacang-kacangan, tauge, jeroan hewan, cumi, kepiting, udang, kerang.
  6. Kurangi konsumsi buah buahan seperti durian, alpukat, dan nanas.
  7. Hindari minuman yang mengandung alkohol seperti bir, wiski, anggur, tuak, tape.
  8. Kurangi mengkonsumsi sayur yang berwana hijau seperti kangkun, bayam, kembang kol, daun singkong, asparagus, dan buncis.
  9. Konsumsi Apel , semangka karena merupakan makanan rendah kalor.
  10. Lebih banyak meminum air putih dan obat herbal alami dari ace maxs untuk membantu mengobati secara alami tanpa efek samping juga mengeluarkan zat purin dan menjaga kadar asam urat pada tubuh.

Obat herbal asam urat alami:

Pengobatan tradisional atau obat herbal untuk asam urat dapat menggunakan 4 cara alami tradisional berikut ini.Penyakit asam urat tentunya akan menganggu hari hari anda, untuk itulah pengobatan secara alami dan tanpa obat kimia sangat perlu sekali agar dapat menghilangkan rasa nyeri yang ditimbulkan oleh penyakit asam urat ini. Cara mengobati asam urat secara alami tradisional dengan ramuan herbal alami terbukti dapat mengobatiasam urat hngga ke akar akarnya, dapat anda baca selengkapnya dalam penjelasannya berikut ini.Berikut ini beberapa cara alami untuk menyembuhkan penyakit asam urat yang bisa anda coba

1. Obat asam urat dengan daun Sambiloto (Adrographis panniculata)
Nama lain dari daun sambiloto adalah daun papaitan, daun ki peurat, daun bidara, daun kayu mas, daun lang, daun ki pait, sampiroto, atau juga disebut daun ki oray. Nah daun ini juga dapat menyembuhkan asam urat.

Cara membuat ramuan dengan daun sambiloto
  • Ambil daun sambiloto kering 10 gram, temulawak 10 gram, buah lada 1 gram dan komfrey sekitar 10 gram
  • Rebus dengan 1 liter air/ 5 gelas sampai tersisa 3 gelas
  • Minum masing masing 1 gelas Per hari

2. Obat asam urat dengan sidaguri (Sida rhombifolia)
Umumnya sidaguri ini dipakai sebagai obat anti rasa sakit, antiradang dan juga peluruh kencing. Tumbuhan ini memiliki nama lain kahindu, sadagori,guri,siliguri, otok-otok atau juga bitumu ini memiliki kandungan zat yang dapat menyembuhkan asam urat, misalnya senyama Saponin, Oksalat, Tannin, Asam Amino, Minyak atsiri, Steroid dan Juga Fenol.

Cara membuat ramuan dengan daun sidaguri
  • Rebus 30 gram sidaguri baik yang kering maupun yang basah dengan 600 cc Air ( 3 gelasan)
  • Masak hingga tersisa kurang lebih 1 1/2 Gelas
  • Minum ramuan ini 3 kali sehari

3. Obat asam urat dengan daun kumis kucing
  • Campur 10 gram daun kumis kucing dengan 10 gram meniran, jahe merah 15 gram, sawi tanah 10 gram dan juga kapulaga 10 gram.
  • Rebus dengan 1 liter air atau sekitar 5 gelas air sampai tersisa setengahnya
  • Minum ramuan ini pagi siang dan sore hari masing masing 150ml atau sekitar 3/4 gelas

4. Obat asam urat dengan daun salam (Eugenia polyanta)
  • Pertama rebus 20 lembar daun salam yang masih segar atau kering dengan 600 cc Air (3 gelas)sampai tersisa cukup 1 gelas
  • Silakan konsumsi ramuan herbal ini 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas. 

Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Asam Urat & Obat Herbalnya | Unknown | 5